Jepang Setujui Dexamethasone Sebagai Pengobatan Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 22 Juli 2020 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 18 2250500 jepang-setujui-dexamethasone-sebagai-pengobatan-covid-19-4NTuSZQumz.jpeg Foto: Getty Images.

TOKYO - Kementerian kesehatan Jepang telah menyetujui dexamathasone, steroid yang murah dan banyak digunakan, sebagai pengobatan kedua untuk Covid-19, menyusul disetujui remdesivir pada Mei lalu.

Dexamathasone menarik perhatian internasional sejak penelitian di Inggris bulan lalu menyebutnya dapat mengurangi kematian di antara pasien dengan kasus COVID-19 yang parah, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus.

BACA JUGA: Steroid Murah Dexamethasone Terbukti Kurangi Tingkat Kematian Pasien Covid-19

Obat itu juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi termasuk penyakit paru-paru, selain juga ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Diwartakan AsiaOne, dexamethasone dimasukkan dalam buku pegangan Kementerian Kesehatan sebagai pilihan pengobatan bersama obat antivirus remdesivir. Revisi tersebut dilaporkan secara luas oleh media Jepang pada Rabu (22/7/2020).

BACA JUGA: Alasan Dexamethasone Bisa Ampuh Sembuhkan Covid-19

Dalam hasil yang diumumkan bulan lalu, percobaan oleh para peneliti di Inggris menunjukkan dexamethasone sebagai obat pertama yang menyelamatkan hidup pasien Covid-19 dalam apa yang dikatakan para ilmuwan adalah terobosan besar dalam pengobatan pandemi virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan obat itu "dapat menyelamatkan nyawa bagi pasien yang sakit kritis dengan Covid-19."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini