Gubernur Koster Klaim Ramuan Arak Bali Manjur Sembuhkan Corona

Agregasi Sindonews.com, · Rabu 22 Juli 2020 20:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 244 2250626 gubernur-koster-klaim-ramuan-arak-bali-manjur-sembuhkan-corona-RpAi0E8gje.jpg Gubernur Bali Wayan Koster klaim ramuan arak bali bisa sembuhkan virus corona (Foto : Sindonews)

DENPASAR - Gubernur Bali I Wayan Koster mengklaim telah menemukan ramuan berbahan dasar arak Bali yang manjur mengobati orang yang terjangkit virus corona atau Covid-19. Ramuan tradisional itu diberikan kepada pasien positif corona yang masuk kategori tanpa gejala.

"Efektif sekali. Dua hari positif kemudian dilakukan treatment ini pada hari ketiga negatif. Sembuh kita pulangkan," kata Koster seperti dilansir dari Sindonews.com, Rabu (22/7/2020).

Koster menjelaskan, ramuan itu dihasilkan oleh tim peneliti yang dia tugaskan. Bahan dasarnya adalah arak Bali yang diekstrak dengan daun jeruk limo dan minyak kayu putih.

Setelah jadi, ramuan itu dimasukkan ke dalam sebuah alat sehingga berubah menjadi uap kemudian dihirup. Pada tahap awal, uji coba dilakukan keapda 19 pasien positif di tempat karantina. Hasilnya, sebanyak 15 pasien dinyatakan sembuh setelah dua hari mengkonsumsi ramuan itu.

Menurur Koster, sudah ada 200 pasien positif tanpa gejala yang menjalani terapi dengan ramuan ini. "Hasilnya, hampir 80 persen sembuh dengan ramuan ini," ungkapnya.

Baca Juga : KPK Tahan 11 Mantan DPRD Sumut Terkait Dugaan Suap

Baca Juga : Ibu yang Hamil 1 Jam dan Melahirkan Mengalami Depresi

Koster menambahkan akan mengembangkan ramuan ini untuk pasien positif COVID-19 di Bali. "Kita juga akan segera mematenkan ini agar bisa menjadi industri baru berbasis kearifan lokal," ujarnya.

Hingga hari ini, jumlah kasus positif COVID-19 di Bali sebanyak 2.934 orang menyusul adanya penambahan 78 kasus positif baru. Untuk kasus sembuh ada penambahan 68 orang sehingga jumlah akumulatifnya menjadi 2.178 orang. Sedangkan jumlah akumulatif kasus meninggal sebanyak 46 orang.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini