Positif Covid-19, Wakil Wali Kota Solo: Saya Ndak Berani Cerita

Agregasi Solopos, · Jum'at 24 Juli 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 512 2251524 positif-covid-19-wakil-wali-kota-solo-saya-ndak-berani-cerita-QdPBlMQf0X.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

SOLO – Daftar pejabat yang dinyatakan positif Covid-19 terus bertambah. Kali ini virus tersebut menjangkiti seorang tokoh pemerintahan di Kota Solo, Jawa Tengah.

Wakil (Wawali) Wali Kota Solo Achmad Purnomo dikabarkan terkonfirmasi positif tertular Covid-19. Informasi tersebut disampaikan salah seorang anggota DPRD Solo pada Jumat (24/7/2020).

"Informasinya Wakil Wali Kota Solo terkonfirmasi positif Covid-19. Mungkin bisa dicek ke gusgas," kata legislator yang minta dirahasiakan namanya itu.

Saat dimintai konfirmasi, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih, membenarkan informasi bahwa Wawali Solo Purnomo positif Covid-19.

Sementara itu, saat dihubungi wartawan, Jumat, Purnomo mengatakan mendapat informasi dirinya positif Covid-19 pada Kamis (23/7/2020) sore.

"Coba tanya kepala dinas [kesehatan Kota Solo] saja, saya kan dua kali [tes swab] yang pertama negatif yang kedua kok kabarnya tendensi positif, lha saya ndak berani cerita. Nyuwun priksa kepala dinas Bu Ning saja. Ini hasilnya saya tunggu kok," ungkap dia sebagaimana dikutip dari Solopos.

Purnomo mengaku saat ini menjalani karantina di rumah mulai kemarin sore. Purnomo mengaku menjalani tes swab dua kali pada Jumat (17/7/2020) dan Sabtu (18/7/2020) di kediamannya.

"Kayaknya saya merasa sehat sekali, ndak ada keluhan sama sekali, ndak tahu ini. Ya supaya hati-hati. Kemarin sore masih rapat di OJK. Isunya [positif Covid-19] kemarin sore. Kejelasannya nyuwun priksa kepala dinas saja," kata Purnomo.

Baca Juga: Bupati dan Sekda Pemalang Positif Covid 19 

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo juga membenarkan informasi Purnomo positif Covid-19. Dia menjelaskan hasil tes swab pertama Purnomo hasilnya antara positif dan negatif atau abu-abu, sedangkan kedua positif. "Besok swab kabeh [semua]," kata dia.

Sebelumnya empat pejabat di lingkungan Pendopo Kabupaten Pemalang terkonfirmasi positif Covid-19, hal tersebut diketahui setelah dilakukan uji rapid test dan swab terhadap 240 orang. Hal ini disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pemalang, Tutuko Rahardjo.

"Keempat pejabat ini mempunyai mobilitas yang tinggi dalam kesehariannya, bahkan dengan Tim Gugus Tugas termasuk memberikan pengarahan, sehingga masuk dalam kategori orang tanpa gejala," jelasnya Rabu (22/7/2020).

Keempat orang tersebut adalah Bupati Juneadi dan Istrinya Irna Setyawati dinyatakan positif Covid-19 setelah tes swab. Selain itu sekretaris Daerah Muh Arifin dan satu pejabat eselon dua berinisial BS .

"Saat ini keempatnya sudah menjalani perawatan dan karantina di Rumah Sakit dr M Ashari," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini