Viral Camat Dikira Tukang Sapu dan Disuruh Bersihkan Sampah

Maskaryadiansyah, iNews · Selasa 28 Juli 2020 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 340 2253198 viral-camat-dikira-tukang-sapu-dan-disuruh-bersihkan-sampah-k1JlC3zyfO.jpg Camat Samarinda Kota Anis Siswantini/Foto: Maskaryadiansyah (iNews)

SAMARINDA - Camat Samarinda Kota Anis Siswantini mendadak viral karena dikira petugas kebersihan. Ia dipanggil seorang pimpinan kantor di Jalan Ahmad Dahlan, Kecamatan Samarinda Kota, Kalimantan Timur untuk membersikan sampah di halaman depan kantornya.

Dalam video berdurasi dua menit, Anis marah-marah serta menunjukan tumpukan sampah. Di lokasi tersebut dirinya disuruh menyapu dan membersihkan halaman sebuah kantor.

Sebelumnya, pada Jumat diadakan kerja bakti di lingkungan sekolah SMPN 2 Samarinda yang berdekatan dengan kantor tersebut. Saat melintas kantor tersebut, pimpinan kantor memanggil camat tersebut yang membawa sapu untuk membersihkan di halaman kantornya.

Camat Samarinda Kota

Rupanya aksi pimpinan kantor tersebut terekam dan viral di media sosial. Mengetahui yang diminta membersikan sampah adalah Camat, pimpinan kantor tersebut meminta maaf sekaligus menerima sanksi.

Pimpinan kantor tersebut diminta lebih peduli terhadap lingkungan. Ia juga diwajibkan menyiapkan tempat cuci tangan serta bak sampah di lingkungan kantornya.

"Pada saat itu, saya membawa sapu dan mengenakan helm, karena tidak ada topi. Staf saya ada yang membawa parang, skop dan lainnya. Kami jalan kaki sama-sama. Begitu kami memasuki simpang empat di depan SMPN 2, saya perhatikan banyak sampah dan dibakar di depan ruko," kata Anis, Selasa (28/7/2020).

Anis menjelaskan, ketika tengah memperhatikan tumpukan sampah tersebut, ia dipanggil sesorang sebanyak kali. "Ibu sini bu, ibu sini, ibu sini bu. Bapak menyuruh saya bersihkan di sini. Saya dari pemerintah untuk kerja bakti sama-sama. Saya bukan penyapu jalanan," papar Anis.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini