Rajapaksa Umumkan Kemenangan dalam Pemilu Sri Lanka

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 07 Agustus 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 18 2258475 rajapaksa-umumkan-kemenangan-dalam-pemilu-sri-lanka-q8I1TauWoB.jpg Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa. (Foto: EPA)

KOLOMBO - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa telah mengumumkan kemenangan dalam pemilihan parlemen negara itu. Dengan kemenangan itu, saudaranya Mahinda Rajapaksa diperkirakan akan dilantik sebagai perdana menteri setelah menjabat sebagai pelaksana tugas smeentara sejak November.

Partai Front Rakyat Sri Lanka, yang dipimpin kedua bersaudara itu telah mengamankan dua pertiga kursi "mayoritas super" yang dibutuhkan untuk melaksanakan perubahan konstitusional yang dijanjikan.

Partai tersebut memenangkan 145 dari 225 kursi, ditambah lima kursi lagi dari sekutunya.

BACA JUGA: Presiden Gotabaya Rajapaksa Lantik Saudaranya Sendiri Sebagai PM Sri Lanka

Keluarga Rajapaksa yang kontroversial telah mendominasi politik Sri Lanka selama dua dekade. Saudara yang lebih tua, Mahinda Rajapaksa sebelumnya menjabat sebagai presiden Sri Lanka, dari 2005 hingga 2015.

Oposisi dari mantan perdana menteri Ranil Wickremesinghe telah dikalahkan, kehilangan semua kecuali satu dari 106 kursi yang dimilikinya di parlemen yang akan keluar. Partai oposisi utama sekarang adalah kelompok baru yang didirikan oleh putra Ranasinghe Premadasa, seorang mantan presiden yang dibunuh pada 1993.

BACA JUGA: Presiden Sri Lanka Lengser Setelah 10 Tahun Berkuasa

Sri Lanka telah menjadi salah satu dari sedikit negara yang mengadakan pemilihan meskipun ada pandemi virus corona. Pemungutan suara telah ditunda dua kali karena pandemi virus tersebut.

Negara ini memiliki relatif sedikit infeksi yang dikonfirmasi dan kematian akibat virus corona - dengan total 2.839 kasus dan 11 kematian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini