Gunung Sinabung Erupsi, Penerbangan di Bandara Kualanamu Tidak Terganggu

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Senin 10 Agustus 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 608 2259833 gunung-sinabung-erupsi-penerbangan-di-bandara-kualanamu-tidak-terganggu-8C9926NAOw.jpeg Erupsi Gunung Sinabung tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Kualanamu. (Ist)

MEDAN – Manajemen PT Angkasa Pura II memastikan operasional penerbangan di Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, tidak terganggu dengan aktivitas erupsi Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo.

Plt Manager Hukum dan Humas PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu, Paulina Simbolon menyebutkan, hingga saat ini kegiatan penerbangan di Bandara Kualanamu masih berjalan lancar.

“Sejauh ini belum berdampak. Penerbangan masih aman dan lancar,” sebut Paulina, Senin (10/8/2020).

Paulina menyebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengelola otoritas radar setempat dan hasilnya menunjukkan bahwa pergerakan abu vulkanis hasil erupsi Gunung Api Sinabung, tidak mengarah ke Bandara Kualanamu.

“Meski begitu kita terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait jika sewaktu-waktu terjadi gangguan,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, erupsi pada Senin, 10 Agustus 2020 sekitar pukul 10.16 WIB. Kegiatan erupsi melontarkan material hingga setinggi 5 ribu meter dari puncak gunung berketinggian 2.460 mdpl itu.

Baca Juga : Gunung Sinabung Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada Hujan Abu dan Lelehan Lahar

Abu vulkanis Gunung Api Sinabung kini mulai menyebar ke sejumlah wilayah di sekitar kabupaten/karo dan dikhawatirkan dapat mengganggu kegiatan penerbangan di Sumatera Utara.

Baca Juga : Gunung Sinabung Erupsi Lontarkan Material Vulkanik hingga 5 Ribu Meter

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini