Dilelang di Inggris, Kacamata Gandhi Diperkirakan Kumpulkan Rp289 Juta

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 11 Agustus 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 18 2260397 dilelang-di-inggris-kacamata-gandhi-diperkirakan-kumpulkan-rp289-juta-aFtOU1jgvH.jpg Foto: AP.

LONDON - Sepasang kacamata milik tokoh kemerdekaan India, Mahatma Gandhi akan dijual setelah staf di East Bristol Auctions, rumah lelang terbesar di Inggris Barat Daya, menemukannya dalam sebuah amplop polos.

"Seseorang memasukkannya ke dalam kotak surat kami pada Jumat malam (7/8/2020) dan mereka tinggal di sana sampai Senin (10/8/2020) - benar-benar tergantung,” kata Juru Lelang Andrew Stowe sebagaimana dilansir Gulf News.

"Salah satu staf saya menyerahkannya kepada saya dan mengatakan ada catatan yang mengatakan itu adalah kacamata Gandhi. Saya pikir 'Itu yang menarik' dan melanjutkan hari saya."

BACA JUGA: Abu Mahatma Gandhi Dicuri pada Peringatan Ulang Tahunnya yang Ke-150

Setelah menyelidiki, Stowe mengatakan dia hampir sengat terkejut untuk menemukan kacamata berpinggiran emas yang melingkar, telah dipakai oleh pemimpin hak sipil India.

"Saya menelepon balik orang itu dan saya pikir dia hampir mengalami serangan jantung," kata Stowe.

Kacamata tersebut diharapkan dapat mengumpulkan lebih dari USD19.600 (sekira Rp289 juta) dan merupakan penemuan terpenting dalam sejarah perusahaan lelang itu. Stowe mengatakan pemiliknya "hampir mengalami serangan jantung" ketika dia diberi tahu nilainya.

BACA JUGA: Seorang Perempuan di India Diburu Setelah Lakukan Reka Ulang Pembunuhan Gandhi

Stowe mengatakan pemiliknya mengatakan kepadanya bahwa kacamata itu telah diturunkan dari generasi ke generasi di keluarga pemiliknya, setelah seorang kerabatnya bertemu Gandhi dalam kunjungannya ke Afrika Selatan pada 1920-an.

"Kami memeriksa tanggal dan semuanya cocok, bahkan tanggal Gandhi mulai memakai kacamata. Itu mungkin salah satu kacamata pertama yang dia pakai karena resepnya cukup lemah," tambahnya.

Stowe mengatakan ada banyak minat pada kacamata itu, terutama dari India, tapi untungnya mereka bisa sampai kepadanya secara utuh.

"Mereka hanya berada di dalam amplop putih polos. Mereka bisa dengan mudah dicuri atau jatuh atau hanya berakhir di tempat sampah. Ini mungkin penemuan paling penting yang pernah kita miliki sebagai sebuah perusahaan."

Kacamata tersebut akan dijual sebagai bagian dari lelang hanya online pada 21 Agustus.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini