Lutung Jawa yang Dibantai Diduga Telah Dimakan, Dagingnya Bisa Meningkatkan Vitalitas?

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 11 Agustus 2020 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 519 2260596 lutung-jawa-yang-dibantai-diduga-telah-dimakan-profauna-bisa-meningkatkan-vitalitas-AhUJzeudB9.jpg Tangan Lutung Jawa. Foto: Avirista Midaada - Okezone

MALANG – Lutung Jawa yang ditemukan tergantung di pohon di jalur pendakian Gunung Butak, Kota Batu, diduga mati dibantai kemudian dagingnya dimakan oleh pelaku.

Ketua Profauna Indonesia Rosek Nursahid mengungkapkan harga lutung sebenarnya tidak mahal. Hanya karena dagingnya yang dipercaya mempunyai manfaat meningkatkan vitalitas, Lutung Jawa kerap kali diburu.

“Memang ada perdagangan, tapi harganya tidak mahal. Namun dipercaya makan daging lutung itu bisa meningkatkan vitalitas, kemudian menjadi obat penyakit sesak nafas, namun itu tidak terbukti,” ujar Rosek Nursahid pada Selasa sore (11/8/2020).

Selain dipercaya untuk meningkatkan vitalitas, daging satwa dilindungi hukum itu kerap digunakan sebagai bahan pelengkap untuk minuman keras atau miras. Disebut Rosek, daging lutung dapat menambah sensasi mabuk usai minum miras tersebut.

Baca Juga: Lutung Jawa Mati Dibantai di Jalur Pendakian Gunung Butak 

“Untuk yang penyuka miras, biasanya daging lutung itu dipakai untuk teman minum miras. Katanya, kalau makan daging lutung, reaksi atau efek minuman kerasnya akan lebih nendang,” tutur Rosek.

Dirinya menduga ada kaitan antara penemuan bagian tubuh lutung yang tersisa tersebut dengan kemungkinan dijadikan bahan santapan oleh terduga pelaku.

“Kalau kita lihat demikian, karena ini disisakan anggota tubuh, kedua tangan dan kulitnya, dagingnya sudah nggak ada,” tukasnya.

Baca Juga: Pelaku Tinggalkan Jejak, BKSA Selidiki Pembantaian Lutung Jawa di Jalur Pendakian Gunung Butak 

Sebelumnya dikabarkan seekor Lutung Jawa ditemukan mati dengan kondisi mengenaskan di jalur pendakian Gunung Butak. Lutung tersebut ditemukan tim dari Profauna saat berpatroli pada Senin 10 Agustus 2020 sore.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini