Banjir Surut, Tol Padaleunyi Sudah Bisa Dilalui

Agregasi Sindonews.com, · Rabu 12 Agustus 2020 21:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 525 2261308 banjir-surut-tol-padaleunyi-sudah-bisa-dilalui-Cui1MFpIOU.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

BANDUNG - Banjir yang menggenangi ruas Km 130 Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), kawasan Pasirkoja, Kota Bandung, sudah surut dan antrean kendaraan dapat diatasi, Rabu (12/8/2020) sekira pukul 20.30 WIB.

PT Jasa Marga berjibaku melakukan penyedotan menggunakan pompa dan pembuatan tanggul darurat penahan genangan air dengan excavator sejak pukul 17.30 WIB hingga 20.10 WIB.

 Baca juga: Petugas Kerahkan Pompa Sedot Banjir dan Buat Tanggul di Tol Padaleunyi

Saat ini, semua lajur, baik bahu jalan, lajur 1, 2, maupun 3 di Km 130 Tol Padaleunyi dapat dilalui kendaraan. Kondisi ini sama di kedua arah, baik yang mengarah ke Cileunyi maupun Jakarta.

"Update informasi pukul 20.30 WIB, seluruh lajur di jalan Tol Padaleunyi Km 130, baik arah Cileunyi dan Jakarta, telah bisa dilalui sejak pukul 20.10 WIB," kata Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru melalui keterangan tertulisnya, Rabu (12/8/2020) malam

 Baca juga: Tol Padaleunyi Banjir, Diduga Akibat Proyek Kereta Cepat

Dwimawan mengemukakan, genangan air yang sempat mengganggu arus kendaraan di kedua arah Tol Padaleunyi, telah surut.

"Antrean kendaraan nihil. Jasa Marga memastikan seluruh lajur telah aman untuk dilalui pengguna jalan. Informasi lalu lintas di seputar tol milik Jasa Marga dapat di akses melalui Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080," ujar Dwimawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir menggenangi ruas Tol Padaleunyi, tepatnya Km 130, kawasan Pasirkoja, Kota Bandung, baik arah Jakarta maupun Cileunyi, Rabu (12/8/2020).

Genangan air di ruas Tol Padaleunyi itu diduga akibat imbas dari proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang saat ini sedang melaksanakan pekerjaan boredpile dan pilecap.

Sementara, beberapa saat sebelum banjir menggenangi Km 130 Tol Padaleunyi, hujan cukup deras dengan durasi sekitar 1 jam mengguyur Kota Bandung dan sekitarnya.

Akibat genangan air itu, arus kendaraan baik yang mengarah ke Jakarta maupun Cileunyi terganggu. Sebab, akibat genangan air, dari total tiga lajur ke arah Cileunyi, hanya lajur tiga atau cepat yang dapat dilalui kendaraan besar seperti mini bus dan kendaraan non golongan 1 dengan genangan setinggi 50 sentimeter (cm). Sedangkan untuk bahu jalan, lajur satu dan dua, tidak dapat dilalui lantaran genangan air cukup tinggi.

Dwimawan mengatakan, untuk penanganan genangan air tersebut, Jasa Marga berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dalam melakukan pengalihan lalu lintas.

Dwimawan menuturkan, kejadian ini tidak diakibatkan tak berfungsinya sistem drainase jalan tol, melainkan karena proyek pembangunan kereta cepat di sekitar Jalan Tol Padaleunyi Km 130, yang sedang melaksanakan pekerjaan boredpile dan pilecap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini