Gunung Sinabung Erupsi, Awan Panas Meluncur Sejauh 1.000 Meter

Eben Pinem, iNews · Minggu 23 Agustus 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 608 2266106 gunung-sinabung-erupsi-awan-panas-meluncur-sejauh-1-000-meter-dRvNe2GZLm.jpg Erupsi Gunung Sinabung pada Minggu 23 Agustus 2020. Foto: Eben Pinem

KARO – Setiap tahun Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, selalu menunjukkan aktivitas atau erupsi. Lalu kapan gunung tersebut erupsi?

Gunung Sinabung mengalami erupsi terakhir pada Minggu (23/8/2020) pukul 07.41 WIB. Ketinggian letusan tersebut mencapa 1.500 meter dan memuntahkan awan panas sejauh 1.000 meter yang mengarah ke arah tenggara.

“Satu kali erupsi dengan tinggi kolom 1.500 meter diikuti dengan awan panas dengan jarak luncur 1.000 meter ke arah tenggara,” ujar Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Armen Putra.

Untuk sebaran abu letusan sendiri mengaraha ke arah timur yang menghujani desa-desa yang berada di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo.

Armen Putra mengimbau warga yang terdampak abu untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, dan bila harus beraktivitas agar menggunakan masker dan pelindung mata.

Baca Juga: Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Embuskan Kolom Abu hingga 4 Ribu Meter

Lebih lanjut untuk status Gunung Sinabung, Armen menjelaskan masih berada di level siaga atau level III.

Oleh karena itu warga juga diimbau untuk tidak mendekati ataupun memasuki zona merah yang sudah ditetapkan, karena aktivitas kegempaan Sinabung masih tinggi dan berpotensi terjadi kembali erupsi susulan.

“Imbauan kita kepada masyarakat agar hindari zona merah dan tetap memakai masker jika terjadi erupsi atau terdampak abu.Dan hindari zona-zona laharan karena sampai saat ini masih potensi laharan di sekitaran Gunung Api Sianabung,” pungkas Armen.

Baca Juga: Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Lontarkan Kolom Abu Setinggi 1 Km

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini