Jalur Pendakian Ditutup Akibat Kebakaran Gunung Penanggungan, Petugas: Jangan Nekat

Avirista Midaada, Okezone · Senin 24 Agustus 2020 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 519 2266763 jalur-pendakian-ditutup-akibat-kebakaran-gunung-penanggungan-petugas-jangan-nekat-NI1DGcNsBA.jpg Sumber Foto: Screenshoot dari video di akun Facebook Agus Winarto.

MOJOKERTO – Lahan hutan di Gunung Penanggungan dilaporkan terbakar pada Senin (24/8/2020). Api pertama kali muncul di kawasan lereng pendakian Gunung Penanggungan sisi Kabupaten Mojokerto.

Video terbakarnya kawasan Gunung Penanggungan pun beredar setelah diunggah akun Facebook @Agus Winarto. Dalam video tampak beberapa petugas berusaha memadamkan api yang membakar lereng Gunung Penanggungan.

Petugas atau Sekretaris Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Lestari Khoirul Anam membenarkan terbakarnya lahan hutan di lereng Gunung Penanggungan. Titik api sendiri dilaporkan berada di atas Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Desa Kedungudi menjadi salah satu titik jalur pendakian ke puncak Gunung Penanggungan.

“Api diketahui membakar lereng Gunung Penanggungan dini hari tadi sekitar pukul 02.00 WIB. Alhamdulillah api bisa kami padamkan pagi tadi sekitar pukul 05.30 WIB,” ucapnya saat dikonfirmasi Senin sore (24/8/2020).

Kebakaran diduga akibat ulah pendaki yang membuat api unggun. Angin yang berhembus kencang membuat api unggun menjalar ke sejumlah lokasi lainnya sehingga menimbulkan kobaran api. Beruntung kobaran api bisa dipadam oleh kepolisian dan BPBD Kabupaten Mojokerto. "Informasi awal pemicu kebakaran pendaki ini yang masih kami selidiki,” beber Anam.

Baca Juga:  Heboh Gunung Penanggungan Dipenuhi Lampu Gemerlap seperti Dugem, Netizen: Kurang Etika 

Terkait adanya informasi adanya delapan pendaki yang sempat terjebak kebakaran di lereng Gunung Penanggungan, pihaknya menyangkalnya. “Tim kami melaporkan pukul 10.00 WIB sudah turun bersama pendaki terakhir,” ungkapnya.

Meski dinyatakan padam, semua jalur pendakian resmi ke puncak Gunung Penanggungan dipastikan ditutup untuk pendakian. Beberapa pendaki yang berada di dalam kawasan Gunung Penanggungan pun telah dievakuasi ke bawah.

"Jalur pendakian kami tutup untuk mengantisipasi barangkali ada sisa bara. Kami menunggu koordinasi lebih lanjut dengan Pemda dan Perhutani. Kalau semua clear, kami buka. Hari ini kami pastikan belum buka,” tuturnya.

Baca Juga:  Jalur Pendakian Kuno Gunung Penanggungan Ditemukan 

Dirinya pun mengingatkan para pendaki untuk tidak sekali–kali nekat menuju puncak gunung melalui jalur tikus. Mengingat masih ada potensi kebakaran di kawasan Gunung Penanggungan.

"Kami imbau pendaki jangan nekat melalui jalur tidak resmi. Kalau jalur resmi pasti ditutup semua," pungkasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini