5 Tips Gedein Bisnis di Era New Normal

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Jum'at 04 September 2020 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 1 2272461 5-tips-gedein-bisnis-di-era-new-normal-NyqkdwRGfq.jpg Foto : Dok.Okezone

Pandemi Covid-19 telah berdampak besar bagi sektor perekonomian khususnya di sektor UMKM. Untuk itu tentu diperlukan proses adaptasi bisnis yang baik agar bisnis Anda dapat tetap berjalan dengan lancar dan semakin gede atau besar di era new normal.

Selama new normal pasti akan ada beberapa perilaku masyarakat yang ikut berubah karena harus bisa menyesuaikan dengan situasi yang ada. Perilaku sampai gaya hidup baru kian bermunculan karena mengikuti situasi, artinya ada peluang usaha baru yang bisa dicoba atau dibesarkan di era new normal saat ini.

Kebiasaan baru seperti bekerja dari rumah, social distancing, physical distancing, disinfektanisasi, mencuci tangan setiap saat, online shopping dan kegiatan lainnya yang bisa dilakukan dirumah untuk dijalankan selama fase new normal ini.

Ciptakan kesempatan dan peluang sendiri dalam berbisnis. Biar tetap bisa datangkan pundi-pundi uang di musim pandemi, berikut, tips gedein bisnis di era new normal, yang bisa kamu lakukan di situasi saat ini :

1. Siapkan tenaga kerja yang siap bekerja di garda terdepan bisnis

Pertama, agar bisnis di era new normal tetap berjalan baik dan menjadi besar cobalah untuk menentukan kelompok kegiatan produksi yang masih dapat beradaptasi.

Caranya, dengan menetapkan karyawan mana yang melakukan pekerjaan produksi tersebut, dan mana karyawan yang memiliki keterampilan untuk mendukungnya.

Dengan melakukan hal ini, kamu bisa melihat kesenjangan dalam keterampilan tenaga kerja dan mencari jalan untuk mempercepat upskilling dalam rangka menutupi celah bisnis agar dapat terus berjalan dan semakin berkembang, karena SDM yang berkualitas dan baik akan menghasilkan hasil yang maksimal.

2. Kelola strategi pemasaran

Bisnis saat new normal bisa dibilang menyebabkan keuangan belum stabil. Maka dari itu, pertimbangkan untuk membuat cara-cara baru yang bisa membuat bisnis kamu tetap berjalan dan besar di masa new normal. Misalnya, menjual produk secara online, memberikan promo atau diskon dan menerapkan gratis biaya ongkir.

3. Mengkaji ulang bisnis

New normal adalah masa transisi, di mana kita berusaha beradaptasi dengan kondisi saat ini. Ini saat yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap segala proses bisnis.

Bagaimanakah pertumbuhannya di saat-saat seperti ini? Kira-kira, hambatan apa saja yang mungkin ditemui ke depannya? Potensi apa yang bisa dimanfaatkan? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan serupa, kamu pun dapat mempertimbangkan strategi untuk membuat bisnis tetap bertahan. Rencana bisnis biasanya sudah mencakup peluang pasar yang ditemukan, target audiens, rancangan tim ideal, struktur harga bahkan hingga ke tahap produksi dan operasional.

4. Terus berinovasi

Kehidupan terus berkembang, begitu juga dengan dunia bisnis karena inovasi sangat diperlukan agar pelanggan tak merasa bosan dengan apa yang kita jual. Pastikan bisnis kamu terus beradaptasi dan tidak berhenti untuk melakukan inovasi agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang dan besar di masa new normal ini.

Dengan inovasi, kamu memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen baru. Asah kemampuan inovasi ini, karena ke depannya akan sangat membantu kamu untuk tetap bertahan dan mencapai kesuksesan yang diinginkan.

5. Memaksimalkan penjualan online

New Normal adalah era di mana internet memegang peranan yang sangat penting. Tentu saja kamu sudah merasakan, bagaimana koneksi internet bisa membuat kamu tetap bisa “hidup” dan menjalin hubungan dengan teman, kolega atau konsumen walaupun tidak bertemu secara tatap muka, sehingga menjual produk secara online adalah salah satu cara paling ampuh meningkatkan penjualan bisnis.

Jika kamu membuka bisnis di bidang kuliner, kamu tentu bisa memanfaatkan momen ini. Alih-alih membuka gerai khusus, kamu cukup memanfaatkan dengan baik sistem pembelian online melalui internet. Tentu saja cara ini sangat menguntungkan karena kamu tak perlu keluar uang untuk sewa tempat. Pelajari cara kerja e-commerce yang tersedia, sehingga bisnis semakin banyak diketahui orang banyak dan semakin besar di new normal.

Nah sudah tahukan tips gedein bisnis dier new normal ini, kini ada dua sosok pebisnis muda yang menginspirasi yaitu James Prananto dan Leonarad Theosabrata yang siap membahas tentang “Inovasi di Masa Pandemi : Keharusan atau Hanya Tinggal Kenangan“ ingin tahu selengkapnya?

Yuk saksikan Program Indonesia Digital Market (IDM) akan memberikan cerita pebisnis menginspirasi melalui Webinar pada Selasa, 8 September 2020 yang akan dihadiri oleh narasumber profesional di bidanganya, James Prananto (CBDO dan Co-Founder Kopi Kenangan) dan Leonard Theosabrata ( Direktur Utama Smesco)

Program Indonesia Digital Market yang digagas platform media online Okezone dan HSBC Fusion bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengusaha muda agar tetap produktif dan berinovasi di tengah pandemi Covid-19. Para pengusaha harus mempu berdiri di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dengan tekad yang kuat, mereka pun #TernyataBisaJadiBesar di era new normal.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini