Menko PMK Cek Ketersediaan Beras Bansos di Gudang Bulog Malang

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 19 September 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 519 2280413 menko-pmk-cek-ketersediaan-beras-bansos-di-gudang-bulog-malang-U4gXP0FOw9.jpg Menko PMK tinjau kesediaan beras bansos di Malang (foto: dokumen PMK)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengecek Gudang Bulog Gadang, dan Gudang Bulog Kebon Agung, Malang, Jawa Timur pada Jumat (18/9/2020).

Adapun langkah itu dilakukan untuk mengecek ketersediaan beras, kualitas beras, dan bobot dari beras yang akan disalurkan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

"Saya sudah cek. Untuk ketersedian, Insyaallah tersedia untuk dibagikan ke KPM PKH. Kedua yaitu kualitas, secara random sudah saya cek ini termasuk yang baik. Ketiga, bobot harus 15 kilogram. Jadi kalau ada 15 kilogram lebih 5 gram Itu berarti sudah pas, karena berat kemasannnya sekitar 4 gram," ujar Muhadjir dalam keterangannya, Sabtu (19/9/2020).

Dalam pengecekannya, Muhadjir masih menemukan sejumlah beras siap salur yang beratnya kurang dari 15 kilogram. Ia pun meminta Pimpinan Kantor Wilayah Perum Bulog Jawa Timur untuk menimbang dan menambah beras yang beratnya kurang dari 15 kilogram hingga sesuai ketentuan yang ditetapkan.

"Tadi saya meninjau di Gudang Gadang, beratnya masih kurang. Jadi rata-rata beratnya di bawah 15 kilogram. Ya memang tidak sampai banyak kekurangan gramnya, tapi itu harus diubah. Saya sudah minta ke Pak Kakanwil dan kepala gudang, yang tidak sesuai beratnya harus dibongkar, semua harus dihitung dan ditimbang ulang," ujarnya.

"Karena kalaupun hanya selisih 5 gram tapi kan kurangnya nanti berkali lipat, dan ini tidak boleh. Kalau lebih, boleh, tapi kurang, tidak boleh," imbuh dia.

Sebagai informasi, program bansos beras 15 kilogram untuk KPM PKH di Provinsi Jawa Timur akan segera dilaksanakan. Di Provinsi Jawa Timur, jumlah KPM PKH yang akan mendapatkan bansos beras sebanyak 1,7 juta KPM.

Beras di gudang Bulog sudah siap salur, dan diharapkan kepada pihak transporter dibantu pemerintah Kab/Kota Malang segera menyalurkan bantuan beras tersebut. Bantuan beras untuk Kabupaten Malang sebanyak 94.878 KPM, Kota Malang sebanyak 10.105 KPM, dan Kota Batu sebanyak 3.498 KPM.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini