KPU Resmi Tetapkan Tukang Jahit dan Ketua RW Jadi Penantang Gibran di Pilwalkot Solo

Bramantyo, Okezone · Rabu 23 September 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 512 2282365 kpu-resmi-tetapkan-tukang-jahit-dan-ketua-rw-jadi-penantang-gibran-di-pilwalkot-solo-xbkHk9RNCe.jpg Rapat pleno KPU Kota Solo (Foto: Okezone/Bram)

SOLO - Pasangan Penjahit dan Ketua Rw, Bagyo Wahyono dan FX Supardjo, secara resmi telah disahkan sebagai penantang Paslon Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo.

Pengesahan dua pasang Paslon yang secara resmi akan maju di Pilwalkot Kota Solo, 9 Desember 2020 ini diputuskan melalui rapat pleno terbuka.

Usai rapat pleno, Ketua KPU Kota Solo, Nurul Sutarti mengatakan kedua Paslon ini resmi ditetapkan, sebagai Paslon yang resmi maju di pilwalkot, 9 Desember 2020, setelah semua persyaratan dan perbaikan persyaratan telah dilalui semuannya.

"Otomatis, setelah semua persyaratan hingga perbaikan kekurangan persyaratan terpenuhi dan telah melalui beberapa tahapan, maka hari ini, rapat pleno memutuskan kedua Paslon yang maju di Pilwalkot nanti adalah pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso dari PDIP dan pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo dari jalur independen,"papar Nurul, Rabu (23/9/2020).

Menurut Nurul, surat penetapan hasil rapat pleno KPU, akan dikirimkan hari ini juga kepada Paslon dan tim kampanye kedua paslon.

Baca Juga: Pilwalkot Solo, Jokowi Banyak Berikan Wejangan untuk Gibran

Tahap berikutnya usai ditetapkan Setelah kedua Paslon resmi ditetapkan sebagai pasangan calon melalui rapat pleno KPU, tahan selanjutnya keduanya di wajibkan untuk membuka rekening dana kampanye.

Nantinya, rekening dana kampanye itu wajib dilaporkan pada KPU, satu hari sebelum kampanye terbuka dilakukan.

"Setelah resmi ditetapkan, dilanjutkan dengan pengambilan nomer urut. Dan kedua Paslon diwajibkan membuka rekening dana kampanye mereka. Dan dana rekening itu wajib mereka serahkan pada KPU sehari sebelum kampanye terbuka dilakukan,"terangnya.

Sedangkan kampanye terbuka itu sendiri akan dilakukan pada 26 September 2020. Hanya saja, bentuk kampanye terbuka harus mengikuti protokol kesehatan.

Dalam Pilkada ini, Paslon Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso secara resmi diusung PDIP dan mendapatkan dukungan dari delapan parpol di Kota Solo.

Delapan parpol yang mendukung pencalonan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso adalah, Partai Golkar, Partai PAN, Partai Gerindra, PKB, Partai Demokrat, PPP, Partai Perindo dan NasDem.

Sedangkan Paslon Bagyo Wahyono dan FX Supardjo yang berangkat dari jalur independen hanya didukung ormas Tikus Pithi Hananta Baris.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini