Unik, Bayi Kembar Identik Memiliki 12 Jari Kaki

Andhy Eba, iNews · Sabtu 26 September 2020 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 340 2284062 unik-bayi-kembar-identik-memiliki-12-jari-kaki-wCFl7jifGd.jpg Bayi kembar identik memiliki 12 jari kaki/Foto: tangkapan layar (Andhy Eba-iNews)

BAUBAU - Bayi kembar identik di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki keunikan sejak lahir. Kedua bayi berusia empat bulan tersebut masing-masing memiliki 12 jari kaki.

Sepintas kedua bayi ini seperti anak pada umumnya. Siapa yang menyangka ternyata bayi kembar identik ini memiliki keunikan tersendiri.

Keduanya merupakan buah hati pasangan Munia dan La Udi Jami, warga Kelurahan Katobengke, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (sultra). Nama bayi kembar itu Wahyu dan Wahid.

Diperhatikan seksama, masing-masing kaki memiliki 12 jari, enam pada kaki kiri dan enam di kanan. Jari tersebut terlihat sempurna.

Ketika lahir, keluarga tidak ada yang menyadari si kembar memiliki kelebihan jari di kakinya. Kondisi ini justru disadari oleh saudara ipar Munia.

Baca juga: Viral Nama Anak Panjangnya hingga Lebih dari 50 Karakter

Bayi

Kala itu, keluarga sangat terkejut. Meski demikian, Munia bersyukur bayi kembarnya lahir dengan selamat. Dirinya maupun keluarga tidak mempersoalkan kondisi tersebut.

Dokter Aminuddin Aumane, spesialis anak di Kota Baubau mengatatakan, kondisi yang dialami bayi kembar identik ini disebut polydactyly. Istilah ini merujuk bahwa si kembar memiliki jari tambahan.

"Bisa terjadi karena turunan dari orang tuanya. Bisa juga pada waktu proses pembentukan organ tubuh dalam kandungan terjadi sesuatu yang mengganggu dan bermutasi pada gen bayi," papar Aminuddin.

Menurut Aminudiin, kelarihan bayi seperti ini hanya ada satu dari 1.000 anak yang lahir dengan kondisi serupa.

"Penyebab polydactyly bisa karena makanan, gelombang elektromagnetik serta perkembangbiakan virus. Hal itu merupakan kelainan genetik," ungkapnya.

Aminudiin memastikan kelainan itu tidak akan berdampak signifikan pada kesehatan fisik Wahyu dan Wahid.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini