3 Perangkat Sirine Peringatan Tsunami di Banten Rusak

Muhammad Rosyadi, Okezone · Senin 28 September 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 340 2285133 3-perangkat-sirine-peringatan-tsunami-di-banten-rusak-6xNZaruBd7.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

SERANG - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Nana Suryana menyebut, ada tiga perangkat peringatan dini atau early warning system (EWS) tsunami rusak.

Ketiga EWS yang rusak tersebut berada di Pasauran Serang, Panimbang, dan Labuan Pandeglang.

"Saat dicek kemarin ketiga Eearly Warning System yang bentuknya sirine itu rusak, di Pasauran, Panimbang dan Labuan," kata Nana kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Mengetahui alat yang berguna untuk memberikan informasi kepada masyarakat jika terjadi tsunami itu rusak, Pemprov Banten melalui BPBD sudah melakukan kordinasi untuk segera diperbaiki.

"Kita harus benahi, kita sudah berkirim surat ke BMKG pusat untuk segera diperbaiki," ujar Nana.

Tsunami

Menurut Nana, masyarakat di pesisir Banten sudah memiliki kemampuan mitigasi. Sebab, pada akhir tahun 2018 pesisir di Kabupaten Serang hingga Pandeglang pernah dilanda tsunami.

Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait potensi bencana tsunami dan tata cara mitigasi jika terjadi bencana.

"Kita tidak lupa bahwa kita pernah dilanda tsunami, akibat longsornya gunung Anak Krakatau di Selat Sunda. Bencana itu menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat," tandasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini