Viral Kakak Beradik di Indramayu Punya 12 Jari Kaki dan Tangan

Fathnur Rohman, Okezone · Senin 05 Oktober 2020 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 525 2288352 viral-kakak-beradik-di-indramayu-punya-12-jari-kaki-dan-tangan-JZ0UflYptO.JPG Jari kaki bayi di Indramayu berjumlah 12 (Foto: Okezone/Fathnur)

INDRAMAYU - Seorang anak kecil di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mendadak viral setelah video yang menampilkannya diunggah ke media sosial instagram. Anak kecil ini mencuri perhatian warganet karena memiliki 12 jari tangan dan 12 jari kaki.

Saat ditelusuri Okezone, anak kecil ini bernama Galuh Jagalullah (3), putera pertama dari pasangan suami-istri (pasturi) Waryono dan Ruswati. Mereka tinggal di Desa Tugu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Kedua orang tua Galuh ternyata baru mengetahui kalau video yang menampilkan anaknya viral dimedia sosial instagram. Padahal selain diinstagram, video tersebut sudah tersebar luas difacebook dan youtube.

"Saya baru tahu sekarang kalau videonya viral. Saya tidak tahu juga siapa yang buat videonya," kata Waryono saat ditemui Okezone, Minggu (4/10/2020).

Waryono mengaku tidak tahu secara pasti, mengapa putera pertamanya ini memiliki satu jari tambahan di kedua tangan dan kakinya. Kendati demikian, menurutnya hal ini adalah kelebihan yang diberikan oleh tuhan untuk putera pertamanya itu.

"Saya anggap ini kelebihan yang diberikan oleh Allah. Jadi menurut saya anak ini tidak memiliki keanehan sama sekali," tambahnya.

Waryono mengatakan, Galuh tumbuh sehat seperti anak biasanya. Sebelumnya, sambung dia, tidak pernah ada anggota keluarganya yang memiliki satu jari tambahan layaknya putera pertamanya itu.

"Tumbuh secara sehat seperti anak biasanya. Saya juga tidak tahu penyebab kenapa Galuh punya jari tambahan. Soalnya di keluarga saya juga belum pernah mengalami itu," bebernya.

Di tempat yang sama, ibu Galuh yakni Ruswati menerangkan, dirinya tidak merasakan firasat apapun sebelum melahirkan puteranya itu. Selain itu, kata Ruswati, tidak muncul keanehan ketika ia mengandung sampai melahirkan Galuh.

"Tidak ada firasat apa-apa. Saya juga waktu hamil normal," ujarnya.

Ruswasti sendiri merupakan orang yang pertama kali tahu, kalau Galuh memiliki satu jari tambahan di kedua kaki dan tangannya.

Ia bercerita, setelah Galuh lahir, dirinya tidak sengaja melihat kalau puteranya itu punya 12 jari tangan dan 12 jari kaki.

"Saya pertama lihat kaget. Kok bisa jarinya lebih satu. Tapi saya bersyukur anak saya bisa tumbuh secara normal," imbuhnya.

Selain Galuh, putera kedua Ruswati yang masih berusia 12 hari bernama Galih Putrayono juga mengalami hal serupa. Masing-masing Tangan dan kaki Galih memiliki satu jari tambahan.

Ruswati mengaku, bila ia dan suaminya tidak berniat untuk melakukan operasi pemisahan satu jari tambahan itu. Sebab, ia ingin agar putera-puteranya bisa hidup normal seperti anak lainnya.

Ruswati menganggap kalau Galuh dan Galih memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh anak-anak lain di desanya. Ia berharap agar puteranya bisa menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

"Semoga jadi anak yang soleh. Dia punya kelebihan yang sudah dikasih sama Allah," ucap dia.

Sebelumnya, sebuah video menampilkan seorang anak kecil yang memiliki 12 jari tangan dan 12 jari kaki viral di media sosial instagram. Video berdurasi sekitar 43 detik ini diunggah oleh akun @makasar_iinfo.

Dalam unggahannya, akun @makasar_iinfo menuliskan kalau anak tersebut kemungkinan mengidap polidaktili. Polidakti sendiri adalah kondisi dimana seorang anak memiliki tambahan satu jari dibagian kaki atau tangan, saat ia dilahirkan.

"Dalam istilah medis, kondisi ini disebut sebagai polidaktili, yaitu kondisi jari yang berlebih. Nah, banyak orang menganggap bahwa polidaktili ini merupakan suatu kelainan sehingga menyebabkan orang itu dianggap tidak normal.Padahal, menurut penelitian, punya enam jari itu justru bisa memberikan banyak manfaat, lo." tulis akun @makasar_iinfo dalam unggahannya.

Video yang diunggah oleh akun @makasar_iinfo ini sudah ditonton sebanyak 145 ribu kali. Video tersebut juga mendapat komentar beragam dari para pengguna instagaram.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini