Keberagaman Indonesia dalam Cita Rasa Kuliner Nusantara

Yaomi Suhayatmi, · Rabu 21 Oktober 2020 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 1 2297151 keberagaman-indonesia-dalam-cita-rasa-kuliner-nusantara-JFGzy5VNOE.jpg Nasi Goreng (Foto : Dok.Okezone)

Dunia sudah mengakui kelezatan kuliner nusantara. Indonesia dikenal memiliki keberagaman kuliner. Sumber daya alam yang melimpah, struktur geografis didominasi laut serta kekayaan rempah, membuat masakan Indonesia beragam. Semua itu membuat negeri ini kaya akan cita rasa kuliner, mulai dari daging, ikan, sayuran hingga bumbu rempah yang segar.

Kuliner #DiIndonesiaAja mulai dikenal oleh masyarakat internasional, setelah rendang, sate dan nasi goreng dinobatkan sebagai makanan terlezat sedunia melalui poling interaktif yang dilakukan oleh salah satu media internasional yakni, CNN. Makanan nusantara yang dikenal baik lokal maupun mancanegara juga dipengaruhi faktor budaya masing-masing daerah.

Selain kebudayaan, pola makanan atau kuliner nusantara juga dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal, yang kemudian mempengaruhi hasil pertanian dan perkebunannya. Contohnya, Madura banyak dikenal menghasilkan jagung. Alhasil, makanan pokok di daerah tersebut jadi menggunakan jagung. Begitu juga di Maluku, makanan pokok warganya adalah sagu karena daerah ini banyak menghasilkan sagu.

Faktor budaya juga sangat mempengaruhi dalam pembentukan pola konsumsi dan seperti rendang yang merupakan makanan klasik Minangkabau, yang bukan hanya sekadar makanan namun telah menjadi identitas budaya Minang yang mendunia.

Rendang (Foto: Dok.Okezone)

Rendang bukan lagi sebatas makanan tapi sudah mengglobal dibuktikan ketika seseorang bepergian ke luar negeri atau daerah lain begitu menyebut rendang akan diidentikkan dengan Padang dan Minang. Rendang telah menjadi identitas budaya dan di semua tempat di Tanah Air maupun luar negeri. Bagi kamu yang hendak liburan ke Bali, gak cuma wisata alamnya saja yang harus dijelajahi. Kekayaan kulinernya pun wajib dicicipi. Salah satunya nasi jinggo, yang porsinya kecil mirip nasi kucing dengan beragam isian seperti nasi campur.

Nasi Jinggo (Foto: Dok.Okezone)



Jika dilihat dari struktur dasarnya, makanan khas Indonesia memang menyimpan dua hal penting yang selalu menyertai rasa khasnya, yaitu kisah atau filosofi dari kuliner tersebut, dan keragaman bumbu khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempahnya. Makanan khas Indonesia bukan hanya sekadar rasa. Contoh gampangnya, kalau mau bikin nasi goreng di rumah pasti membutuhkan lebih dari 10 jenis bumbu supaya lezat. Masing-masing bumbu itulah yang memiliki filosofi dan karakternya masing.

Sementara itu, berdasarkan pendataan budaya yang dilakukan oleh Komunitas Sobat Budaya, Indonesia setidaknya memiliki lebih dari 1.458 resep makanan dan minuman tradisional. Di antara data tersebut, terhitung sekurangnya 50 jenis soto, 100 jenis sambal, dan lebih dari 60 jenis masakan sate dari seluruh nusantara.

Kuliner Nusantara (Foto: Dok.Okezone)


Kuliner nusantara tak hanya sekadar menonjolkan rasanya yang khas, kuliner Indonesia juga memiliki penampilan yang menarik dengan warna-warni khas. Warna yang dihasilkan adalah berasal dari bahan yang alami sebut saja, seperti rempah-rempah, warna cabai, hingga dedaunan hijau yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan bisa menggugah selera. Kuliner Indonesia juga punya bumbu yang sangat kaya dan kompleks. Kombinasi aneka rempah-rempah membuat cita rasanya tak ada duanya. Inilah yang membuat masakan Indonesia terkenal nikmat dan lezat. Yuk, wujudkan rasa cinta Tanah Air dengan mencicipi kuliner nusantara.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini