Libur Panjang, Polda Jateng Prediksi Pemudik Bakal Melonjak

Taufik Budi, Okezone · Minggu 25 Oktober 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 512 2299048 libur-panjang-polda-jateng-prediksi-pemudik-bakal-melonjak-RKw2yS1Wrx.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

SEMARANG – Arus mudik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dan akhir pekan, diperkirakan bakal terjadi lonjakan arus lalu lintas pemudik yang masuk wilayah Jawa Tengah. Petugas akan melakukan pemantauan secara ketat untuk memastikan pemudik menerapkan protokol kesehatan.

Pergerakan arus mudik diprediksi mulai terjadi pada Selasa 27 Oktober, sebab, pemerintah menetapkan cuti bersama pada hari Rabu 28 Oktober dan Jumat 30 Oktober sebagai hari libur. Sementara, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis 29 Oktober.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iskandar Fitriana Sutisna, mengatakan, tidak ada pembatasan masuk di wilayah Provinsi Jawa Tengah, saat libur panjang. Selain itu, para pemudik yang hendak masuk ke Jateng juga tidak dipersyaratkan membawa dokumen surat hasil rapid test.

"Jagalah kesehatan Anda, jangan ciptakan klaster baru. Liburan boleh, tapi tetap terapkan protokol kesehatan. Jaga jarak dengan orang asing supaya tak ada klaster keluarga,” kata Iskandar kepada awak media, Sabtu (24/10/2020).

Baca juga: Masuk Jateng, Mobil Pemudik Wajib Bawa Antiseptik

Kenaikan jumlah kendaraan pemudik yang masuk wilayah Jawa Tengah, diperkirakan naik 10-40 persen dari jumlah biasa, pada liburan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020.

Semua kendaraan dan masyarakat yang masuk wilayah Jawa Tengah akan dicek penggunaan masker, jumlah penumpang di dalam kendaraan maksimal 50 persen dari kuota. Selain itu, dan di dalam kendaraan harus dilengkapi antiseptik atau hand sanitizer.

Petugas gabungan TNI/Polri bersama Pemprov Jateng beserta instansi terkait akan mulai persiapkan operasi pengamanan dan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Tetap sehat, liburan bisa dilakukan di rumah tidak harus keluar kota," tandasnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini