Tidak Ada WNI yang Jadi Korban Gempa Turki

Agregasi Sindonews.com, · Sabtu 31 Oktober 2020 00:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 18 2301801 tidak-ada-wni-yang-jadi-korban-gempa-turki-ucRTqbFzbr.jpg Gempa Magnitudo 7,0 mengguncang Turki (Foto: Dawn)

ANKARA – Gempa dengan magnitudo 7,0 yang mengguncang Turki, berakibat sejumlah warga meninggal dunia. Namun, dari KBRI Ankara menyebutkan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal dunia akibat peristiwa tersebut.

Menurut KBRI Ankara, gempa tersebut dirasakan hingga ke Istanbul yang berjarak sekitar 400 km dari lokasi gempa. Info sementara, sejumlah bangunan di pusat kota Izmir - kota ketiga terbesar di Turki setelah Istanbul dan Ankara - mengalami kerusakan berat.

Selain Izmir, kota-kota yang terdampak di sekitar wilayah tersebut antara lain kota Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin dan Mugla. Hingga saat ini belum ada laporan resmi mengenai korban akibat gempa tersebut.

"Sejauh ini tidak diperoleh laporan mengenai adanya WNI yang terkena dampak langsung gempa tersebut", ujar Harliyanto, Koordinator Perlindungan WNI KBRI Ankara dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat 30 Oktober 2020.

Berdasarkan data KBRI Ankara, terdapat sekitar 98 WNI yang tinggal di Izmir dan daerah sekitarnya yang terdampak. Sebagian besar WNI berprofesi sebagai pekerja Spa dan mahasiswa. Terdapat sekitar 5.000 WNI yang tinggal di Turki, sebagian besar adalah mahasiswa (2700) dan pekerja (1500).

KBRI Ankara masih terus berkoordinasi dgn Satgas Perlindungan WNI, simpul-simpul WNI dan otoritas setempat. Pihak KBRI Ankara juga memberikan hotline perlindungan WNI di nomor: +90 532 135 22 98.

Baca Juga : Update Korban Gempa Turki, 6 Tewas dan 202 Luka-Luka

Sejauh ini, ada enam orang tewas dan sekitar 202 orang lainnya terluka akibat gempa yang mengguncang wilayah Turki. Jumlah korban diperkirakan bertambah karena proses pencarian korban masih berlangsung.

Menurut Wali Kota Seferihisar Izmir, Turki, Ismail Yetiskin, sempat terjadi tsunami kecil akibat gempa tersebut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini