Apa Saja Syarat Menjadi Presiden Amerika Serikat?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 04 November 2020 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 18 2303947 apa-saja-syarat-menjadi-presiden-amerika-serikat-lbEYHDk0DY.jpg Pilpres Amerika Serikat (AS). (Foto: BBC Indonesia)

JAKARTA - Pemilu Amerika Serikat (AS) mencapai puncaknya hari ini. Pemilihan presiden sendiri dilakukan 3 November waktu setempat, dan sudah mulai dilakukan penghitungan cepat.

Adapun kandidat calon presiden yang bersaing adalah Donald J Trump dan Joe Biden. Lantas, apa sih syarat untuk menjadi presiden Amerika?

Melansir Library of Congress, persyaratan hukum untuk calon presiden tidak berubah sejak Washington menduduki kursi kepresidenan.

Dalam catatan Konstitusi tertuang, calon presiden haruslah warga negara Amerika Serikat yang lahir di sana, atau penduduk selama 14 tahun, dan berusia 35 tahun atau lebih. Persyaratan ini tidak melarang perempuan atau kandidat minoritas untuk mencalonkan diri.

Kebanyakan calon, dulu dan sekarang, berjuang keras untuk mendapatkan pengakuan dari partainya. Oleh karena itu, banyak politisi menjadikan ini sebagai pekerjaan dengan cara berpindah dari kota, ke negara bagian, ke kantor nasional.

 

Banyak orang tidak tahu bahwa calon presiden pertama, George Washington, sebenarnya enggan menerima jabatan itu. "Saya tidak bisa menjelaskan, emosi menyakitkan yang saya rasakan saat dipanggil untuk menentukan apakah saya akan menerima atau menolak menjadi Presiden Amerika Serikat," ungkap Washington dalam pidatonya tahun 1789.

Awalnya, Washington bermaksud untuk pensiun dan pindah ke Gunung Vernon setelah Konvensi Konstitusional selesai. Tetapi, rasa tanggung jawab terhadap negaranya melebihi keinginannya untuk menarik diri dari kehidupan publik.

Washington bukan satu-satunya kandidat yang enggan menjadi presiden. James K. Polk juga menerima pencalonan partai Demokrat sebagai tugas, tidak mencari atau menolak. (mrt)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini