Pria Korea Utara Terobos Perbatasan, Diduga akan Membelot ke Selatan

Agregasi VOA, · Rabu 04 November 2020 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 18 2304178 pria-korea-utara-terobos-perbatasan-diduga-akan-membelot-ke-selatan-aWbgipTOLg.jpeg Foto: EPA.

SEOUL - Militer Korea Selatan, Rabu (4/11/2020),menyatakan telah menahan seorang pria Korea Utara yang melintasi perbatasan yang dijaga ketat. Pria itu melintas dari Korea Utara ke Selatan, memicu diluncurkannya operasi pencarian.

Pria tersebut ditemukan sekira pukul 9.50 pagi waktu setempat di ujung timur Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membagi dua wilayah Korea. Kepala Staf Gabungan (JCS) juga menambahkan tidak ada pergerakan yang mencurigakan di antara pasukan Korea Utara.

BACA JUGA: Nekat! Tentara Korut Membelot Lewati Ladang Ranjau DMZ

"Sebuah investigasi direncanakan terkait informasi detail mengenai pria tersebut, termasuk cara menerobos dan keinginan untuk membelot," sebut JCS dalam sebuah pernyataan yang dilansir VOA.

Kantor News1, dengan mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya, melaporkan pria itu terlihat pertama kali melintasi pagar kawat berduri yang dipasang di sepanjang perbatasan pada pukul 19.26 waktu setempat pada.

Kantor berita Yonhap melaporkan militer telah mengeluarkan peringatan anti-infiltrasi "Jindotgae" untuk daerah timur perbatasan.

Kementerian pertahanan menolak untuk mengonfirmasi laporan itu, dengan alasan penyelidikan sedang berlangsung.

BACA JUGA: Tentara Korsel dan Korut Berbalas Tembakan di Zona Demiliterisasi

Operasi itu dilakukan ketika Korea Selatan pada Rabu memulai kembali tur ke bagian selatan DMZ, yang menyaksikan beberapa bentrokan bersenjata yang juga berfungsi sebagai tempat berlangsungnya acara antar-Korea penting, termasuk beberapa KTT yang baru terselenggara.

Namun, program itu ditangguhkan pada Oktober 2019 setelah wabah demam babi Afrika yang mematikan merebak di Korea Utara kemudian kekhawatiran yang muncul di tengah infeksi baru virus corona pada tahun ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini