Terjaring Operasi Zebra, Pengendara Ini Tak Ditilang Malah Disuruh Joget

Heri Susanto, iNews · Rabu 04 November 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 512 2304058 terjaring-operasi-zebra-pengendara-ini-tak-ditilang-malah-disuruh-joget-D7yBXv7iNP.jpg Seorang pengendara dihukum berjoget karena melanggar lalu lintas di Cilacap, Jawa Tengah (Foto: Heri Susanto)

CILACAP - Satuan Lalu Lintas Polres Cilacap, Jawa Tengah menggelar Operasi Zebra Candi 2020 di sejumlah jalan protokol. Namun, dalam Operasi Zebra Candi kali ini, berbeda dari tahun sebelumnya.

Sebab, digelar saat pandemi Covid-19 masih melanda Tanah Air. Cara simpatik pun dilakukan dengan menerapkan tilang bagi pengguna jalan yang melanggar lalu lintas. Namun, para pelanggar lalu lintas mendapat hukuman berjoget di pinggir jalan.

Sejumlah pelanggar lalu lintas yang terjaring razia diajak berjoget bersama dengan para petugas Satlantas Polres Cilacap. Pengguna jalan yang tak mengenakan helm ataupun surat kendaraan, dihukum untuk berjoget dengan iringan kendang dangdut yang ditabuh oleh anggota Satlantas.

Baca Juga: Polisi Gelar Operasi Zebra se-Indonesia

Meski menerima hukuman dari petugas Satlantas, namun para pelanggar lalu lintas ini justru merasa terhibur dan senang. Tak ada tindakan tilang bagi pelanggar, justru mendapatkan bingkisan dari polisi lalu lintas berupa sembako, helm, serta masker.

Operasi simpatik ini dilakukan untuk menyadarkan warga agar menaati aturan lalu lintas. Hukuman berjoget dan memberikan paket sembako, helm dan masker ini merupakan penegakan disiplin lalu lintas di tengah pandemi Covid-19.

“Kita kedepankan preventif, pencegahan atau imbauan kepada masy, dilakukan kegiatan ringan, tidak dilakukan penilangan tetapi dilakukan kegiatan supaya masy berempati dan mematuhi lalu lintas,” ujar Kapolres Cilacap AKBP Derry Agung Wijaya, Rabu (4/11/2020.

Sementara Samsul Khoirudin, pelanggar lalu lintas mengaku kaget. Namun, diakuinya kalau telah melakukan pelanggaran lalu lintas dengan tidak memakai helm saat mengendarai sepeda motor.

“Gak pakai helm, karena dekat. Disuruh joget, dihukum joget,” tuturnya.

Baca Juga:  Operasi Zebra 2020, Tak Patuh Protokol Covid-19 Turut Ditindak

Operasi Zebra Candi 2020 ini akan digelar hingga tanggal 6 november mendatang. Jajaran Satlantas Polres Cilacap akan terus menggelar operasi lalu lintas dengan cara simpatik hingga ke pelosok desa di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini