Cerita Warga Lereng Merapi Berkali-kali Mengungsi karena Erupsi

Ahmad Antoni, Sindonews · Jum'at 06 November 2020 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 512 2305347 cerita-warga-lereng-merapi-berkali-kali-mengungsi-karena-erupsi-yyXgyAfXAS.jpg Ganjar kunjungi Desa Sambungrejo Klaten (Foto: Sindonews/Ahmad Antoni)

KLATEN - Dukuh Sambungrejo, Desa Balerante Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah merupakan desa yang hanya berjarak 3 kilometer dari lereng Gunung Merapi.

Saat ini, status aktivitas Gunung Merapi berada pada level III atau siaga yang keluar pada 5 November 2020 jam 12.00 WIB.

Suwono (66) salah satu warga Dukuh Sambungrejo mengatakan siap untuk evakuasi jika status Merapi meningkat. Sejak tinggal di tempat itu, Suwono sudah berkali-kali mengungsi karena erupsi.

"Mpun (sudah) siap, lha sampung ping kathah mbleduk (sudah sering meletus), dados mpun siap (jadi sudah siap)," katanya.

Suwono mengatakan akan mematuhi imbauan dari pemerintah. Jika diminta mengungsi, ia sekeluarga pasti akan menuruti demi keselamatannya dan keluarga.

"Nggeh kulo manut mawon, kersane slamet (saya ikut saja, bair selamat). Persiapane mpun disiapke (semua persiapan sudah disiapkan), sak wanti-wanti mandap mpun siap (sewaktu-waktu turun mengungsi sudah siap)," ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini