Miliki 9 Paket Ganja, Model Asal Inggris Ini Dituntut 7 Tahun Bui

Mohamad Chusna, Sindonews · Rabu 18 November 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 244 2311746 miliki-9-paket-ganja-model-asal-inggris-ini-dituntut-7-tahun-bui-S2TQxy4ik3.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

DENPASAR - Jed Texas Higgins (30), warga negara Inggris, dituntut hukuman tujuh tahun penjara pada sidang di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Rabu (18/11/200). Ia dinyatakan bersalah karena terbukti memiliki sembilan paket ganja.

(Baca juga: Harapan Baru Pariwisata Indonesia di Tengah Corona)

"Terdakwa tanpa hak atau melawan hukum menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan sabu," kata jaksa Dewa Nyoman Wira Adi Putra.

Dalam surat tuntutannya, jaksa menyatakan perbuatan terdakwa melanggar Pasal 111 Ayat (1) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Menurut jaksa, perbuatan terdakwa bisa merusak citra Bali sebagai daerah tujuan wisata. Juga bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan narkoba.

(Baca juga: Wishnutama: AXN All-Stars Ajang Promosi Destinasi Wisata)

Jaksa juga meminta hakim untuk menjatuhkan pidana denda kepada terdakwa sebesar Rp800 juta. Jika tidak dibayar, maka hukumannya ditambah enam bulan penjara. Jed Texas ditangkap di vila yang disewanya di Jalan Pantai Berawa, Canggu, Kuta utara, 14 April 2020. Petugas dari Polda Bali yang melakukan penggeledahan menemukan barang bukti sembilan paket ganja seberat 85,15 gram.

Menanggapi tuntutan jaksa, Jed Texas mengatakan tidak pernah sedikitpun berpikir akan menjual ganja itu. "Saya membelinya untuk stok saat berlibur di Bali karena takut akan kesulitan mendapatkannya dalam situasi pandemi saat ini," dalihnya. (Don)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini