Sepekan Terendam Banjir, Warga Mengungsi di Tanggul Sungai

Heri Susanto, iNews · Senin 23 November 2020 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 512 2314598 sepekan-terendam-banjir-warga-mengungsi-di-tanggul-sungai-SPxpG5gQW3.png Banjir menggenangi permukiman warga. (Foto: tangkapan layar)

CILACAP - Ratusan rumah warga Desa Tarisi, Kecamatan Wanareja, Cilacap, Jawa Tengah selama sepekan ini terendam banjir. Genangan banjir yang merendam pemukiman, membuat ratusan warga mengungsi di tanggul Sungai Citanduy dengan mendirikan tenda seadanya.

(Baca juga: Cerita Heroik Sang Kakak Selamatkan Adik dari Terkaman Buaya)

Jasimin, Kepala Desa Tarisi mengatakan, hingga Senin (23/11/2020) siang genangan air masih cukup tinggi. Ketinggian air yang menggenangi rumah warga bervariasi antara 30 cm hingga 1 meter.

“Bahkan genangan banjir masih merendam pemukiman penduduk hingga masuk ke dalam rumah. Karena tak dapat ditinggali, watrga pun mengungsi di tanggul Sungai Citanduy yang di rasa cukup aman,” kata Kepala Desa.

Di tanggul Sungai Citanduy, katanya, warga menempati tenda yang terbuat dari terpal yang digunakan untuk tidur dan memasak. Bahkan hewan ternakpun diungsikan dan tinggal di dalam tenda bersama warga.

(Baca juga: Buya Syafii Maarif: Mendewa-dewakan Keturunan Nabi Adalah Perbudakan Spiritual)

Banjir yang setiap tahun menggenang wilayah ini selain diakibatkan hujan deras juga disebabkan gorong-gorong sungai ambrol, sehingga air sulit untuk keluar.

Warga berharap agar pemerintah segera menurunkan alat berat untuk melakukan normalisasi sungai. Jika terus dibiarkan, bisa dipastikan banjir akan menggenang wilayah ini lebih lama dan akan terus berulang.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini