Terdistribusi 100 Persen, Bansos Tahap III Jabar Nihil Komplain

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Senin 23 November 2020 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 525 2314289 terdistribusi-100-persen-bansos-tahap-iii-jabar-nihil-komplain-lleoWHGyP1.png Pendistribusian bansos tahap tiga di Jabar sudah 100 persen. (Foto: Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG - Pemprov Jawa Barat (Jabar) sudah mendistribusi 100 persen paket bantuan sosial (bansos) tahap III bagi masyarakat terdampak COVID-19. Koordinator Sub Divisi Logistik Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Jabar, Sri Endang Marwati mengatakan, kepastian tersebut diperoleh berdasarkan hasil rekapitulasi pihaknya bersama PT Pos Indonesia dan PT Agro Jabar.

(Baca juga: Kapolri Mutasi 59 Jenderal Polri, Ini Daftarnya)

"Dari 1.900.688 KRTS (keluarga rumah tangga sasaran) penerima bansos tahap III, hanya 5.553 paket yang gagal serah," ungkap Endang, Senin (23/11/2020).

Sri Endang mengatakan, distribusi yang mencapai 100 persen dan kecilnya gagal serah menunjukan bahwa pendataan bansos yang dilakukan Pemprov Jabar baik dan akurat.  "Ada daerah yang nihil gagal serah, yakni Kabupaten Bogor dan Kota Cimahi, yang paling besar gagal serah ada di Kota Depok,” katanya.

Sama halnya dengan penyaluran bansos tahap I dan II, lanjut Sri Endang, Pemprov Jabar pun berkoordinasi dengan dengan sejumlah pihak, seperti Ombudsman, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Saber Pungli, agar tidak ada penerima bansos ganda.

Pendistribusian bansos tahap III juga disertai pelaporan ketat sesuai dengan data. Selain itu, petugas harus menyerahkan paket secara langsung ke penerima sesuai dengan kartu identitas. Jika data nama dan alamat tidak sesuai, kata Sri Endang, maka paket bansos dikembalikan untuk diverifikasi ulang.

Sri Endang juga memastikan bahwa dinamika penyaluran bansos tahap III terbilang lebih kondusif dan baik, termasuk dalam penyaluran maupun produksinya. "Komplain dari masyarakat 0 persen," tegasnya.

(Baca juga: Kapuspen Tegaskan Mabes TNI Tak Pernah Perintahkan Copot Baliho Habib Rizieq)

Sementara itu, Direktur Utama PT Agro Jabar Kurnia Fajar yang ditunjuk sebagai pengelola bansos tahap III mengatakan, produksi bansos tahap III menyerap banyak tenaga kerja dan memberdayakan para pelaku UMKM.

Dia mencontohkan, dalam proses pengemasan paket bansos, pihaknya menyerap sekitar 1.400 tenaga kerja harian di sekitar lokasi gudang milik PT Agro Jabar. PT Agro Jabar sendiri menggunakan tujuh gudang dalam mengelola paket bansos Jabar tahap III yang berada di Bandung, Cirebon, Karawang, Garut, Tasikmalaya, Bogor, dan Cianjur.

"Program bansos ini harus dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. Daripada bermitra dengan perusahaan-perusahaan besar, kami memilih melibatkan banyak pelaku usaha dan UMKM di Jabar," katanya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini