Dugaan Korupsi Stadion Mandala Krida, Sultan: Wah, Ndak Tahu Itu!

INews.id, · Selasa 24 November 2020 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 510 2315464 dugaan-korupsi-stadion-mandala-krida-sultan-wah-ndak-tahu-itu-fGeD6o1HTu.jpg Foto: Okezone

YOGYAKARTA Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengaku tidak tahu menahu dengan adanya kasus dugaan korupsi dalam proyek pembangunan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Dia pun mempersilahkan penyidik KPK untuk melakukan pemeriksaan dan proses hukum pelakunya.

(Baca juga: KPK Usut Dugaan Korupsi Pembangunan Stadion Mandala Krida Yogyakarta)

“Wah, ndak tahu itu (kasus korupsi Mandala Krida,” kata Sultan kepada wartawan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (24/11/2020).

Menurutnya, dia mengetahui ada dugaan korupsi pembangunan stadion, justru dari media massa. Dari pemberitaan yang ada, dugaan itu dilakukan antar rekanan proyek yang terlibat sampai di pengadilan.

“Kalau di koran yang saya baca itu kan antar pemborong, mungkin dari pengusutan di pengadilan,” sambung Sultan.

(Baca juga: Fadli Zon Sindir Jenderal Dudung sebagai Pemenang Perang Baliho)

Disinggung adanya sejumlah nama yang telah dimintai keterangan sebagai saksi, Sultan juga mengaku tidak tahu menahu. Baik itu namanya, waktu pemanggilan sampai dengan proses pemeriksaannya.

"Pemeriksaannya kapan saya juga nggak tahu. Kita lihat perkembangannya saja bagaimana hasilnya," ujarnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk melihat proses yang ada. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasti akan melakukan proses hukum terhadap para pihak yang terlibat, Sedangkan proses hukum ada di Jakarta. “Silahkan saja (proses hukum). Saya nggak tahu, itu kan di pengadilan Jakarta,” tutup Sultan.

Sekadar diketahui, dugaan korupsi proyek pembangunan Stadion Mandala Krida yang disidik KPK berasal dari APBD DIY 2016-2017 dengan pagu anggaran senilai Rp41,285 miliar dan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) Rp41,277 miliar di tahun 2016. Sedangkan di tahun 2017 dengan pagu anggaran Rp44,552 miliar hampir sama dengan HPS.

KPK juga telah memanggil 9 orang sebagai saksi dalam dugaan kasus korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida. Sembilan orang ini akan diperiksa di gedung Merah Putih KPK, terkait penggunaanggaran dari APBD tahun 2016-2017.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini