Pangdam Siliwangi: TNI Bantu Polri-Satpol PP Tertibkan Baliho Habib Rizieq

Agus Warsudi, Koran SI · Selasa 24 November 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 525 2315063 pangdam-siliwangi-tni-bantu-polri-satpol-pp-tertibkan-baliho-habib-rizieq-jD9TdzJevp.jpg Pangdam Siliwangi tegaskan, TNI bantu Pol PP bersihkan spanduk. (Foto: Agus Warsudi)

BANDUNG - Penglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Budi Wiryanto menyatakan, TNI membantu petugas Satpol PP Pemkot Bandung, Polrestabes Bandung, dan Kodim 0618/Berdiri Sendiri (BS) Kota Bandung, menggelar operasi pembersihan baliho dan spanduk tak berizin di seluruh kawasan di Kota Bandung.

Penertiban itu termasuk spanduk dan baliho bergambar Habib Rizieq Shihab. "Kami menurunkan (baliho dan spanduk tak berizin) supaya tertib. TNI mem-back up jajaran Polri dan pol PP akan kita back up," kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di Mapolda Jabar, Selasa (24/11/2020).

(Baca juga: Prajurit TNI AL Dikabarkan Tertembak di Kota Sorong)

Pangdam mengemukakan, tugas tersebut tetap dilaksanakan oleh Satpol PP. "TNI dan Polri berada di belakang Satpol PP dalam penertiban baliho. Kami dukung bersama-sama dalam melakukan penertiban," ujar Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, mendukung langkah penertiban baliho dan spanduk tak berizin. "Kami mendukung apa yang menjadi tugas Satpol PP. Jikalau sudah melanggar hukum, kami akan menindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," ujar Kapolda yang baru 4 hari menjabat ini.

Diberitakan sebelumnya, petugas gabungan dari Polrestabes Bandung, Kodim 0618/Berdiri Sendiri (BS) Kota Bandung, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkot Bandung menertibkan sejumlah baliho bergambar Habib Rizieq Shihab.

Penertiban ini dilakukan terhadap spanduk dan baliho tak berizin yang banyak bertebaran di Kota Bandung, Jawa Barat. Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, penertiban spanduk dan baliho tersebut dilakukan agar Kota Bandung tertib, rapi, dan bersih.

Sebagian besar baliho dan spanduk yang ditertibkan itu tidak memiliki izin atau ilegal. "Penertiban dilakukan di hampir semua titik di Kota Bandung kami lakukan pembersihan spanduk dan baliho tidak berizin. Salah satunya baliho HRS (Habib Rizieq Shihab) kami turunkan semua biar Kota Bandung tertib dan baik," kata Kapolrestabes Bandung, Senin (23/11/2020).

(Baca juga: Banjir Karangan Bunga untuk Jenderal Dudung, Netizen: Buat Sendiri, Heboh Sendiri!)

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan, penertiban spanduk dan baliho ilegal rutin dilakukan dua hari sekali. Pembersihan dilakukan oleh unit reklame Satpol PP. Jadi, kata Rasdian, pembersihan atau penertiban itu tak khusus menyasar spanduk dan baliho bergambar Habib Rizieq.

"Ada pencopotan spanduk Habib Rizieq, iya. Mungkin karena memang tidak berizin. Kalau tidak ada izin dan penempatan yang tidak sesuai Perwal (Peraturan Wali Kota Bandung) tetap kami tertibkan," kata Rasdian kepada wartawan melalui sambungan telepon, Senin (23/11/2020).

Senada dengan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna JAya, Rasdian juga mengemukakan, penertiban semua spanduk dan baliho tak berizin itu agar Kota Bandung rapi, tertib, dan bersih.

"Yang tidak berizin dan tak sesuai penempatannya atau mengganggu ketertiban umum, termasuk yang HRS (Habib Rizieq Shihab) kami tertibkan. Kan gitu," ujar Kasatpol PP Pemkot Bandung. Menurut Rasdian, spanduk dan baliho yang ditertibkan sebagian besar massa izinnya telah habis satu bulan sampai tiga bulan. Bahkan ada yang tidak memiliki izin sama sekali," tutur dia.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini