Salip Bill Gates, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia

Rabu 25 November 2020 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 18 2315819 salip-bill-gates-elon-musk-jadi-orang-terkaya-kedua-di-dunia-wMQAKB3nnn.jpg Elon Musk. (Foto: Reuters)

ELON Musk menyalip pendiri Microsoft Bill Gates dan menjadi orang terkaya kedua di dunia setelah kekayaan bersihnya melonjak USD7,2 miliar (Rp102 triliun) menjadi USD128 miliar (Rp1,8 kuadriliun) sebagai efek meningkatnya sahan Tesla, perusahaan yang didirikannya. Saat ini kekayaan Elon Musk hanya berada di belakang pendiri Amazon Jeff Bezos.

Lonjakan kekayaan Musk terjadi setelah berita saham Tesla akan dimasukkan ke dalam S&P 500, salah satu indeks saham utama di Amerika Serikat (AS), demikian diwartakan BBC.

BACA JUGA: Elon Musk Kini Lebih Kaya dari Warren Buffett

Ini memicu gelombang baru pembelian saham perusahaan produsen mobil listrik itu, mengirimkan nilai pasar Tesla meroket menembus USD500 miliar dan meningkatkan nilai kepemilikan Musk dalam bisnis tersebut.

Tesla sudah menjadi perusahaan mobil paling berharga di dunia, meskipun angka produksinya jauh lebih sedikit dibandingkan produsen kendaraan lainnya seperti Toyota, VW, dan General Motors.

Dalam pidatonya di Jerman pada Selasa (24/11/2020), Musk mengatakan "masuk akal" bagi Tesla untuk berkembang di Eropa dengan memasuki segmen pasar massal dengan mobil kecil.

BACA JUGA: Geser Bos Facebook, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Ketiga Dunia

"Di Amerika Serikat, mobil cenderung lebih besar karena alasan selera pribadi," katanya. "Di Eropa, cenderung lebih kecil."

Dan setelah bertahun-tahun mengalami kerugian, Tesla telah memperoleh keuntungan lima kuartal berturut-turut karena penjualan mobilnya berjalan dengan baik meskipun ada pandemi. Perusahaan yang berbasis di California akan menjadi peserta baru terbesar di S&P 500, dengan nilai pasar lebih dari USD500 miliar.

(Bernadus Melkianus Danomira)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini