Transisi Pemerintahan AS ke Joe Biden Dimulai

Agregasi VOA, · Rabu 25 November 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 18 2315863 transisi-pemerintahan-as-ke-joe-biden-dimulai-4fKKD8qGCR.jpg Presiden Terpilih Amerika Serikat Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC - Transisi Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden di Washington DC secara resmi dimulai, setelah sebuah lembaga pemerintah menyatakannya sebagai pemenang pemilu presiden 2020.

Seorang pejabat pemerintahan mengatakan bahwa Gedung Putih pada Selasa (24/11/2020) memberikan persetujuan kepada Biden untuk menerima laporan intelijen rahasia harian presiden, demikian diwartakan VOA.

BACA JUGA: Trump Akhirnya Izinkan Biden Mulai Proses Transisi Kekuasaan AS

Berbicara kepada wartawan di kantor transisi di Wilmington, Delaware, Biden mengatakan bahwa ia belum memperoleh pengarahan intelijen, penilaian komunitas intelijen AS atas ancaman di seluruh dunia. Namun, hal itu telah ditawarkan oleh Gedung Putih.

Belum jelas kapan Biden akan menerima pengarahan keamanan nasional rahasia pertamanya sebagai presiden terpilih.

BACA JUGA: Mengenal Transisi Kepresidenan di AS, Seperti Ini Prosesnya

Tim penasihat Biden segera menghubungi pejabat Trump di seluruh jajaran pemerintahan pada Senin (23/11/2020) malam untuk mempelajari tentang kemungkinan ancaman keamanan nasional yang dihadapi negara, dan masalah langsung lainnya yang mungkin dihadapi Biden ketika ia dilantik 20 Januari.

Perhatian langsung Biden adalah perjuangan untuk mengendalikan lonjakan jumlah penularan virus corona di AS. Pejabat Biden menginginkan informasi tentang jadwal pemerintahan Trump untuk menyetujui tiga vaksin pencegah virus dalam beberapa pekan ke depan. Juga rencana untuk penyuntikan vaksin secara luas bagi orang Amerika yang dimulai sebelum akhir tahun dan berlanjut hingga 2021.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini