Beri Selamat kepada Joe Biden, Xi Jinping Harapkan AS dan China Win-Win

Kamis 26 November 2020 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 18 2316760 beri-selamat-kepada-joe-biden-xi-jinping-harapkan-as-dan-china-win-win-VgCCCj1t1S.jpg Presiden China Xi Jinping dan Joe Biden saat menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat. (Foto: Reuters)

BEIJING - Presiden China Xi Jinping memberi selamat kepada Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden atas kemenangan dalam pemilihan awal bulan ini. Xi berharap China dan AS dapat menjalin “kerja sama saling menguntungkan” (win-win) di tengah sejumlah konflik dua negara ekonomi terbesar dunia itu.

Dalam pesan ucapan selamat pada Rabu (25/11/2020), Xi mengatakan kepada Biden bahwa hubungan "sehat dan stabil" adalah "harapan bersama dari komunitas internasional", demikian dilansir kantor berita Xinhua.

BACA JUGA: China Akhirnya Ucapkan Selamat Kepada Biden Atas Kemenangan Pilpres AS

“Kami berharap kedua belah pihak akan menjunjung tinggi semangat non-konflik dan non-konfrontasi, saling menghormati dan kerja sama win-win, akan fokus pada kerja sama, mengontrol perbedaan, dan mempromosikan pembangunan China-AS yang sehat dan stabil. hubungan," kata pernyataan itu. 

Media di AS telah memprediksi Biden sebagai pemenang pemilihan presiden (Pilpres) pada 7 November, mendorong para pemimpin di seluruh dunia untuk memberi selamat kepada mantan wakil presiden itu atas kemenangannya atas Presiden Donald Trump.

BACA JUGA: Putin Belum Ucapkan Selamat ke Joe Biden, Tunggu Hasil Resmi Pilpres AS

Xi menjadi salah satu pemimpin dunia terakhir yang memberi ucapan selamat kepada Biden. Presiden Rusia, Vladimir Putin belum memberikan ucapan selamat karena menunggu hasil resmi Pilpres AS diumumkan.

(Bernadus Melkianus Danomira)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini