Gunung Ile Ape Erupsi, Warga Berhaburan Keluar Rumah

Joni Nura, iNews · Minggu 29 November 2020 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 340 2318322 gunung-ile-ape-erupsi-warga-berhaburan-keluar-rumah-E506DJ9FwR.png Warga sekitar kaki Gunung Ile Ape. (Foto: tangkapan layar)

LEMBATA - Warga yang berada di kaki Gunung Ile Ape atau Ile Lewotolok di Lembata, NTT panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri ketika terjadi bunyi gemuruh sekitar pukul 09, 45 pagi Waktu Indonesia Tengah.

(Baca juga: Kronologi Kaburnya Habib Rizieq dari RS Ummi, Keluar Lewat Gudang Obat)

Laurensius Laot, salah seorang warga sekitar kaki gunung mengatakan, letusan pagi tadi sangat dahsyat. “Sebelum keluarkan abu dan batu batu terdegar bunyi gemuruh yang besar dan terjadilah letusan,” kata Laot, Minggu (29/11/2020).

Sebagian warga, lanjutnya, sudah mengungsi ke Kota Lewoleba secara mandarin. Laurensius pun mengaku, dirinya siap mengungsi juga ke Kota Lewoleba untuk menyelamatkan diri.

Erupsi kali ini mengeluarkan abu vulkanik dan batu serta terjadi longsoran. Berdasarkan data yang diperoleh, tinggi kolom abu mencapai 400 meter dari puncak kawah Ile Ape dan abu vulkanik ini bertiup ke arah barat Pulau Lembata.

(Baca juga: Habib Rizieq Dikabarkan Kabur dari RS Ummi)

Dengan kondisi ini, Tim BPBD juga sudah diterjunkan ke desa-desa sekitar lereng gunung guna memantau dan mengevakuasi warga. Hingga saat ini, warga mengungsi ke Kota Lewoleba. Warga yang mengungsi secara mandiri ditangpum di Kantor Bupati. Hingah saat ini lima desa sudah mengungsi. TNI-Polri terus melakukan evakuasi.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini