Gunung Ile Ape Erupsi, Warga Diminta Waspada

Joni Nura, iNews · Jum'at 27 November 2020 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 340 2317226 gunung-ile-ape-erupsi-warga-diminta-waspada-j2I3gSyKiU.jpg Gunung Ile Ape di Lembata, NTT erupsi. Foto Joni Nura

LEMBATA - Gunung Ile Ape di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi pada Jumat (27/11/2020) pagi. Tinggi kolom abu mencapai 500 meter dari puncak gunung.

(Baca juga: Cabuli Anak Bawah Umur, Lulusan SMA di Kapuas Ini Masuk Bui)

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lembata Kanis Making mengatakan, erupsi gunung Ile Ape atau Ile Lewotolok tersebut terjadi sekitar pukul 5 pagi waktu Indonesia tengah. “Erupsi Ile Ape kali ini mengeluarkan abu vulkanik, tinggi kolom abu mencapai 500 meter dari puncak kawah Ile Ape dan abu vulkanik ini bertiup ke arah barat Pulau Lembata,” tutur Making, Jumat (27/11/2020).

(Baca juga: Puluhan Ormas di Jakarta Siap Pasang Badan untuk Anies Baswedan)

Hingga saat ini, erupsi masih terus berlangsung dan status Gunung Ile Ape berada pada level 2 atau waspada. “Karena itu, warga sekitar gunung atau para pendaki dan wisatawan dalam radius 2 kilometer diimbau tidak melakukan aktifitas pendakian,” tambahnya.

Tim BPBD, lanjut dia, juga sudah diterjunkan ke desa-desa sekitar lereng gunung untuk memantau aktifitas Gunung Ile Ape ini. “Warga diminta waspada selalu. Hingga saat ini tim masih mengecek dampak dari erupsi gunung api ini,” tutupnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini