Hujan Deras Landa Bojonegoro Selatan, 5 Kecamatan Kebanjiran

Avirista Midaada, Okezone · Minggu 29 November 2020 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 519 2318455 hujan-deras-landa-bojonegoro-selatan-5-kecamatan-kebanjiran-LgOjREAwWD.jpg Banjir di Bojonegoro Selatan (foto: BPBD Bojonegoro)

BOJONEGORO - Hujan deras yang mengguyur kawasan Bojonegoro Selatan sejak Minggu siang hingga sore mengakibatkan banjir. Banjir menerjang tiga kecamatan dan lima desa berbeda.

Kelima desa yakni Desa Kunci dan Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Desa Kacangan dan Desa Tambakromo, di Kecamatan Malo, dan Desa Sumberbendo, Kecamatan Bubulan, terdampak banjir bandang yang terjadi sejak Minggu (29/11/2020) sore hingga malam.

Kepala BPBD Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia menyatakan banjir diduga akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Bojonegoro selatan hingga air akhirnya meluap.

"Hujan dengan intensitas tinggi sekitar pukul 14.30 WIB yang mengguyur wilayah kabupaten bojonegoro, ini yang menyebabkan banjir. Hingga malam ini air masih merendam dan hujan masih turun," ujar Nadif saat dikonfirmasi Okezone, Minggu (29/11/2020) malam.

Nadif menjelaskan, Desa Kunci menjadi daerah terparah terdampak banjir mengingat ribuan rumah di 16 RT di Desa Kunci terendam aliran air banjir. Ketinggian air disebutnya mencapai 30 - 60 sentimeter. Namun pihaknya masih belum mengetahui berapa kepala keluarga yang terdampak banjir.

"Yang jelas ada 16 RT di 2 RW Desa Kunci yang kebanjiran ketinggiannya bervariasi. Sawah penduduk sekitar 50 hektar juga terendam, banjir juga merendam jalan desa sepanjang 2 kilometer dengan tinggi 20 - 70 sentimeter," terangnya.

 

Sementara di Desa Sumberarum, Kecamatan Dander lanjut Nadif, banjir juga membuat akses Jalan Provinsi yang menghubungkan Bojonegoro ke Nganjuk terputus total. Air yang menggenangi jalan sepanjang kurang lebih 500 meter membuat arus kendaraan harus mencari jalan alternatif lainnya.

"Di Desa Sumberarum rumah di lima RT terendam banjir setinggi antara 20 - 120 sentimeter. Sawah seluas 100 hektar, musala, bangunan SDN Sumberarum, jalan poros Desa Sumberarum juga terendam banjir," terangnya.

Sedangkan di Desa Kacangan, Kecamatan Malo banjir merendam puluhan rumah di 16 RT dari 2 RW yang ada, dengan total jumlah kepala keluarga yang terdampak mencapai 45 KK. Di Desa Tambakromo, Kecamatan Malo, banjir membuat 30 rumah yang dihuni 30 kepala keluarga tergenang dan jembatan darurat ambrol.

"Di Desa Sumberbendo, Kecamatan Bubulan, banjir bandang menggenangi jalan desa sepanjang kurang lebih 4 meter," ucapnya.

Beruntung dalam banjir bandang ini BPBD memastikan belum ada korban jiwa. Namun inventarisasi dampak kerusakan masih dilakukan, mengingat hujan yang masih turun hingga Minggu malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini