Dua Serangan Bom Bunuh Diri Tewaskan 34 Orang di Afghanistan

Senin 30 November 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 18 2318830 dua-serangan-bom-bunuh-diri-tewaskan-34-orang-di-afghanistan-zOvH32AnRl.jpg Pasukan keamanan Afghanistan. (Foto: Reuters)

KABUL - Sebanyak 34 orang tewas dalam dua pengeboman terpisah yang menargetkan pangkalan militer dan seorang kepala provinsi setempat.

Pejabat militer Afghanistan pada Minggu (29/11/2020) mengatakan 31 tentara tewas dan 24 lainnya luka-luka ketika seorang pria mengendarai kendaraan penuh bahan peledak ke pangkalan komando militer di Ghazni timur. Serangan itu juga dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Tariq Arian, meski tak memberikan rincian korban.

BACA JUGA: 22 Tewas dalam Serangan di Universitas Kabul, IS Klaim Bertanggung Jawab

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, tidak mengonfirmasi atau menyangkal bertanggung jawab atas serangan tersebut saat dikonfirmasi Reuters.

Di Afghanistan selatan, seorang pengebom bunuh diri menargetkan konvoi Ketua Dewan Provinsi Attajan Haqbayat di Zubal, menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai 12 lainnya, termasuk anak-anak.

Haqbayat selamat dari serangan tersebut dengan luka ringan, meskipun salah satu pengawalnya termasuk di antara mereka yang tewas, kata Juru Bicara Kepolisian Provinsi Hikmatullah Kochai.

Afghanistan telah mengalami serentetan pengeboman mobil selama beberapa bulan terakhir, meskipun pembicaraan damai saat ini sedang berlangsung antara Pemerintah Kabul dan Taliban di Qatar.

BACA JUGA: Ibu Kota Afghanistan Dihantam 23 Roket, ISIS Klaim Bertanggung Jawab

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Serangan bom telah menewaskan lebih dari 50 orang di Ibu Kota Kabul dalam beberapa pekan terakhir, termasuk dua serangan di lembaga pendidikan dan serangan roket. Tiga serangan Kabul diklaim oleh kelompok bersenjata Negara Islam (IS), tetapi pejabat Afghanistan menyalahkan Taliban yang membantah terlibat.

(Bernadus Melkianus Danomira)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini