Aktivis Lingkungan Gelar Aksi Damai di Perairan PLTU Paiton Probolinggo

Hanna Purwadi, iNews · Senin 30 November 2020 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 519 2318801 aktivis-lingkungan-gelar-aksi-damai-di-perairan-pltu-paiton-probolinggo-RZxkeSSSSh.jpg Aktivis lingkungan lakukan aksi unjuk rasa damai. (Foto: istimewa)

PROBOLINGGO - Belasan aktivis pecinta lingkungan laut yang tergabung dalam Koalisi Laut Biru Kabupaten Probolinggo menggelar aksi damai terkait pencemaran lingkungan akibat ceceran (tumpahan) batu bara di Jeti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) , di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

(Baca juga: Beredar Video Sholat Berjamaah dengan Pedang dan Seruan Jihad)

Dalam aksinya, mereka naik perahu nelayan dan membentngkan poster diperairan, di dekat dermaga PLTU yang bertuliskan ‘Adili sekarang perusak ekosistem Laut NKRI’.

Aksi mereka tidak berlangsung lama karena ada sekitar 6 perahu yang seakan-akan menghadang aksinya. “Ada sekitar 6 Perahun nelayan yang menghalangi aksi ini. Sehingga (kami) memutuskan untuk mengakirinya,” ujar Anton Sumarsono yang akrab dipanggil Soni, Senen (30/11/2020).

Soni yang juga ketua Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) Binor menjelaskan, sejak PLTU Unit 7-8 dibangun, limbah ceceran batu bara yang jatuh ke laut belum ada solusi kongkrit. Akibat lama tidak ada solusi, ceceran batu bara yang jatuh ke laut sudah menggunung.

(Baca juga: Begini Kesaksian Anak Satu Keluarga yang Diduga Dibantai Teroris MIT)

“Sejak PLTU Berdiri sampai saat ini belum ada solusi konkrit dan sudah menggunung , meski sebelumnya ada upaya pembersihan, namun gagal dan sampai saat ini tidak ada lagi pembersihan,” tambahnya.

Sementara itu Antoni Sofyan, Ketua Sanggar Alam Konang yang ikut dalam aksi Koalisi Laut Biru Probolinggo, menambahkan, dirinya prihatin melihat kondisi laut di kawasan Binor. “Kita akan terus melakukan upaya agar didengar sehingga ada perhatian, agar kawasan laut di Binor lestari dan tidak rusak,” ujarnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini