Ridwan Kamil: Tokoh Publik Wajib Umumkan Hasil Tes Swab

Dicky Wismara, iNews · Senin 30 November 2020 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 525 2318930 ridwan-kamil-tokoh-publik-wajib-umumkan-hasil-tes-swab-AxjcUTUzZZ.jpg Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Foto: Okezone)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil angkat bicara soal tes swab Habib Rizieq Shihab di rumah sakit Ummi Kota Bogor. Menurutnya, tokoh publik memiliki kewajiban untuk mengumumkan hasil swab, dan dilaporkan ke Satgas Covid-19 di daerah.

Hal ini diungkapkan Ridwan Kamil selepas membuka Musrembang Jawa Barat. Menurutnya, sesuai aturan setiap data swab harus masuk ke satgas di daerah, yang nantinya akan menjadi data yang masuk ke satgas tingkat pusat.

"Setiap data swab memang masuk ke satgas, yang nantinya akan menjadi data pusat, makanya diumumkan ada berapa yang positif, sembuh, meninggal setiap hari, karena datanya kan dari rumah sakit," jelas Ridwan Kamil.

Terkait apakah hasil tes swab perlu diumumkan, menurutnya ini harus menjadi kesepakatan bersama. Namun jika yang di-swab merupakan tokoh publik, Ridwan Kamil menilai pengumuman hasil swab penting, karena berkaitan dengan interaksi banyak pihak.

"Tokoh publik punya kewajiban umumkan hasil swab, kalau bukan tokoh publik memang tidak punya pengaruh besar, tapi kalau tokoh publik, ada ratusan mungkin ribuan orang yang mengikuti, harus mewaspadai jika si tokoh itu positif, kan gitu ya? tanpa informasi itu maka ada ancaman super spreader," jelasnya.

Terkait polemik Habib Rizieq Shihab, dan Satgas Covid-19 Kota Bogor, dengan Rumah Sakit Ummi pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkot Bogor.

"Karena hal tersebut merupakan kewenangan daerah, dan menjadi tugas provinsi jika pada level daerah tidak sanggup menyelesaikan permasalahannya," ungkapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini