Tak Pernah Terima Bantuan Pemerintah, Keluarga Miskin Ini Pindah ke Hutan

Indra Mulia Siagian, iNews · Selasa 01 Desember 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 608 2319434 tak-pernah-terima-bantuan-pemerintah-keluarga-miskin-ini-pindah-ke-hutan-K6aUSvehJn.png Sila, warga miskin yang tidak pernah terima bantuan. (Foto: Indra Mulia)

TAPANULI SELATAN - Satu keluarga miskin di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara terpaksa pindah ke hutan, lantaran malu menjadi gunjingan tetangga karena tidak pernah mendapat bantun apapun dari pemerintah setempat di masa pandemi Covid-19 ini.

(Baca juga: KPK Periksa 2 Tersangka Kasus Dugaan Suap Proyek Bakamla)

Sebelumnya, warga Desa Sipangko, Kecamatan Angkola Muaratais ini berbaur bersama warga lainnya. Namun karena malu menjadi pergunjingan warga lantaran tidak pernah mendapat bantuan, keluarga ini akhirnya memutuskan pindah ke pinggiran hutan.

Sudah empat bulan lamanya, keluarga dengan dua orang anak ini mengungsi ke hutan. Sila, ibu rumah tangga mengatakan, keluarganya belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah. Padahal, dia mengaku, keluarganya pernah mendaftar sebagai keluarga tak mampu.

Karena merasa malu tidak diperhatikan pemerintah, keluarga Sila memutuskan untuk pindah ke pinggiran hutan. “Kami malu, mendiingan ke sini,” tutur Sila, Selasa (1/12/2020).

Di gubuk yang sangat sederhanai, mereka merasa lebih nyaman menjalani hidup, meski tidur hanya beralaskan tikar semata. Menurut Sila, tidak banyak yang bisa diharapkan pemerintah setempat. Namun demikian, mereka hanya meminta pemerintah adil dalam memberikan bantuan kepada warga miskin seperti mereka.

(Baca juga: Tak Ada Perintah Jemput Habib Rizieq di Mutiara Sentul)

Keluarga Sila merupakan satu di antara puluhan ribu warga kurang mampu atau miskin di Kabupaten Tapanuli Selatan. Dari data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) Tapanuli Selatan pada awal Oktober lalu, terdapat 25 ribu lebih warga dengan kategori miskin di kabupaten tersebut.

Indeks kemiskinan dengan jumlah puluhan ribu ini, menempatkan Kabupaten Tapanuli Selatan menjadi peringakat ke-13 kabupaten terbanyak miskin di Sumatera Utara.

(don)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini