Kepala BNPB dan Pangdam V Brawijaya Bakal Tinjau Pengungsian Gunung Semeru

Komaruddin Bagja, Sindonews · Kamis 03 Desember 2020 06:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 519 2320626 kepala-bnpb-dan-pangdam-v-brawijaya-bakal-tinjau-pengungsian-gunung-semeru-dOfvN7PdHB.jpeg Kepala Staf Korem 083/BDJ Kodam V/Brawijaya Letkol Inf Akhmad Juni Toa. (Foto : Sindonews/Komaruddin Bagja)

MALANG – Korem 83/BDJ, Kodam V/Brawijaya terus melakukan mitigasi bencana terkait erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Terkait erupsi gunung Semeru, saat ini langkah-langkah yang sudah kita ambil itu jelas, dengan protap kebencanaan, kita sudah mendirikan tenda bekerjasama dengan BNPB di sana. Tentu tenda pos komando sudah berdiri," ujar Kepala Staf Korem (Kasrem) 083/BDJ, Kodam V/Brawijaya Letkol Inf Akhmad Juni Toa, kemarin.

Beberapa posko pengungsian yang bersifat tenda juga menempatkan beberapa sekolah dasar sebagai tempat penampungan sementara. Karena memang situasi saat ini anak-anak SD tidak masuk karena situasi pandemi.

"Ada beberapa tempat yang memang kita lihat relatif aman. Rencananya adalah Pak Doni Monardo, Pangdam V Brawijaya dan Danrem 083/Bdj, karena Lumajang adalah bagian dari wilayah tanggungjawab Korem Malang, akan meninjau langsung secara fisik di sana," tegas Akhmad.

Dalam penanganan erupsi Semeru, ada tambahan di manajemen bencana yang harus dilakukan. Hal itu lantaran bencana terjadi dalam keadaan pandemi.

"Sama-sama sudah kita menghadapi bencana, tidak terhindarkan itu yang namanya berkerumun, maka kemarin sebelum bencana itu kita sudah melakukan pelatihan posko tingkat dua, sudah jadi tema utama kita bahwa agar pengungsian itu tetap memperhatikan Protokol Covid-19, paling tidak menggunakan masker secara ketat bila berkerumun di satu tempat," urainya.

Baca Juga : Erupsi Gunung Semeru, 1 Orang Dikabarkan Hilang

"Sejauh ini itu yang kita lakukan, kemudian saat ini beberapa logistik sudah ada yang ke wilayah setempat, ada sifat partisipasi aktif masyarakat yang tinggi, kami juga di Korem sedang merencanakan bahan kontak untuk diantar ke sana, untuk membantu saudara-saudara kita yang saat ini mengungsi karena status gunung Semeru naik statusnya menjadi awas," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini