Pengungsi Gunung Ile Lewotolok Mulai Diserang Penyakit, Mayoritas Lansia dan Anak-Anak

Joni Nura, iNews · Jum'at 04 Desember 2020 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 340 2321409 pengungsi-gunung-ile-lewotolok-mulai-diserang-penyakit-mayoritas-lansia-dan-anak-anak-Drju2NPPfe.jpg Pengungsi Gunung Ile Lewotolok. (Foto : iNews/Joni Nura)

MAUMERE – Ratusan pengungsi Gunung Ile Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), mulai terserang penyakit berupa gangguan traumatik dan sesak napas. Sementara itu, tim kesehatan mengaku sulit terapkan protokol kesehatan di lokasi pengungsian di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Ratusan warga di posko pengungsian kini mulai mengalami gangguan kesehatan. Mereka mengalami traumatik yang menyebabkan warga terserang penyakit darah tinggi, gangguan saluran pernapasan. Mayoritas pengungsi yang sakit merupakan lansia dan anak-anak.

Para pengungsi yang sakit ini pun langsung ditangani tim medis pos kesehatan dengan diperiksa kesehatannya dan diberikan obat.

sementara dua orang lansia yang mengalami gangguan kesehatan kronis langsung dirujuk ke rumah sakit oleh tim kesehatan Polres Lembata dan evakuasi.

Kepala Dinas Kesehatan Lembata, Lucia Sandra mengatakan, membeludaknya pengungsi erupsi Gunung Ile Lewotolok ini membuat tim kesehatan sulit menerapkan protokol kesehatan di lokasi pengungsian di tengah pandemi Covid-19. Pihaknya juga kesulitan melayani banyaknya pasien karena terbatasnya jumlah tenaga medis.

Baca Juga : Tinjau Pengungsian Erupsi Gunung Ile Lewotolok, Ini Imbauan Doni Monardo

Kondisi pengungsi di tengah pandemi Covid-19 sangat memprihatinkan. Hampir sebagian besar warga belum mampu menjaga jarak satu sama lain, walaupun mengenakan masker.

Hingga kini Gunung Ile Lewotolok yang berstatus siaga masih terus menunjukkan aktivitasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini