Pria Bertopeng Spiderman Jalan Mundur ke Kantor Bawaslu, Ada Apa?

Kismaya Wibowo, iNews · Jum'at 04 Desember 2020 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 510 2321446 pria-bertopeng-spiderman-jalan-mundur-ke-kantor-bawaslu-ada-apa-qrrpaycF7t.jpg Pria bertopeng Spiderman jalan mundur ke Kantor Bawaslu Gunungkidul. (Foto : iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL – Seorang aktivis bertopeng Spiderman menggelar aksi jalan mundur menuju Kantor Bawaslu Gunungkidul sebagai bentuk dukungan agar tegas menindak money politic pada Pilkada 2020. Selain menggunakan topeng spiderman, ia juga menempelkan uang mainan pecahan seratus ribu rupiah dan juga amplop sebagai bentuk perlawanan money politic.

Aktivis Jogja Corruption Watch, Baharudin Kamba, menggelar solo aksi jalan mundur menuju kantor Bawaslu Gunungkidul menggunakan topeng Spiderman, Kamis (3/12/2020).

Aksi tersebut sebagai bentuk perlawanan money politic jelang Pilkada yang akan digelar beberapa hari lagi. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Jogja Corruption Watch kepada Bawaslu Gunungkidul agar terus semangat menindak segala bentuk money politic.

Aksi tersebut diawali dari Titik Nol Gunungkidul atau sejauh 750 meter dari Kantor Bawaslu Gunungkidul. Petugas Polres Gunungkidul mengamankan jalannya aksi solo tersebut

Jalan mundur ini sebagai bentuk simbolis mundurnya proses demokrasi jika masih menggunakan money politic yang tentu saja bisa terjadi menjelang masa Pilkada Serentak.

Menurut Baharudin Kamba, Bawaslu memiliki peranan penting dalam penegakan hukum terutama money politic.

Karena itu, dirinya beranggapan perlu memberikan dukungan moral dengan menggelar aksi agar Bawaslu tidak tebang pilih dan menindak tegas segala bentuk money politic.

Baca Juga : Pilkada Serentak 2020, 7 Kabupaten di NTT Masih Kekurangan Surat Suara

Bawaslu Gunungkidul sendiri menyambut positif aksi jalan mundur Spiderman yang dilakukan. Bawaslu sendiri berkomitmen dalam menegakkan peraturan yang ada sesuai dengan hukum yang berlaku.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini