Menlu Korsel Tidak Percaya Tak Ada Kasus Covid-19 di Korut

INews.id, · Sabtu 05 Desember 2020 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 18 2322396 menlu-korsel-tidak-percaya-tak-ada-kasus-covid-19-di-korut-Wh1pIyYyO4.jpg Menlu Korsel Kang Kyu Wha (Foto : iNews.id/AFP)

DUBAI - Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung Wha meragukan klaim Korea Utara (Korut) yang menyatakan tidak ada satu pun kasus Covid-19 di sana. Dia pun menawarkan bantuan kepada Korut untuk memerangi pandemi virus corona.

Dalam pidatonya di konferensi keamanan tahunan IIMS di Manama, Bahrain, Kang mengatakan Korut tidak responsif terhadap tawaran bantuan dari Korsel.

"Mereka masih mengatakan tidak memiliki satu pun kasus yang sulit dipercaya. Semua tanda menunjukkan, rezim itu fokus dalam mengendalikan pengendalian penyakit yang mereka bilang tidak ada. Jadi ini merupakan kondisi yang agak aneh," kata Kang, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (5/12/2020).

Dalam laporan terbaru kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Korut tidak memiliki kasus virus corona, meskipun menyebutkan ada 8.594 orang dalam kategori suspect.

Kantor berita Korut KCNA pekan ini melaporkan negara memberlakukan tindakan darurat tingkat tinggi untuk mencegah penyebaran virus corona, yakni memperketat aturan.

Baca Juga : Gitanjali Rao Dinobatkan Sebagai "Kid of the Year" Versi Majalah Time

Baca Juga : Kasus Covid-19 di Jatim Meningkat, TNI-Polri Siapkan Penegakan Aturan Prokes

Badan Intelijen Nasional Korsel menyatakan wabah Covid-19 di Korut bisa dikesampingkan karena negara itu menjalin kerja sama perdagangan serta pertukaran orang dengan China, tempat awalnya wabah virus corona, sebelum menutup perbatasan pada akhir Januari lalu.

Para analis mengatakan, wabah Covid-19 bisa menghancurkan Korut yang sudah terisolasi secara ekonomi dan politik akibat sanksi internasional.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini