Terungkap, Ini Motif Kasus Penembakan Mobil Bos Tekstil di Solo

Ary Wahyu Wibowo, Koran SI · Sabtu 05 Desember 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 512 2322260 terungkap-ini-motif-kasus-penembakan-mobil-bos-tekstil-di-solo-sQNiQ1KgOO.jpg Rilis penembakan mobil mewah di Solo. (Foto : Sindonews/Ary Wahyu Wibowo)

SOLO – Polisi mengungkap motif penembakan brutal mobil mobil Toyota Alphard Nopol AD 8945 JP di Jalan Monginsidi, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, pada Rabu (2/12/2020). Penembakan terhadap mobil yang ditumpangi I (72) bos perusahaan tekstil di wilayah Kabupaten Karanganyar ini diduga kuat disebabkan persoalan tanah.

Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, aksi penembakan yang dilakukan tersangka LJ (72), warga Jebres Solo diduga terkait persoalan pada 2008. Kala itu, LJ yang tak lain adalah adik ipar korban memiliki aset tanah yang ada di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar seluas sekitar 10.000 meter persegi.

“Aset tanah akan dilelang pihak bank,” kata Ade Safri Simanjuntak di Mapolresta Solo, Jumat (4/12/2020).

Selanjutnya, LJ melalui istrinya meminta korban TW untuk mendaftar sebagai peserta lelang. Selanjutnnya lelang yang dilakukan KPKNL ini akhirnya dimenangkan korban I senilai Rp10 miliar sehingga hak atas tanah tersebut beralih menjadi atas nama korban.

Pada 2016, LJ yang berprofesi sebagai pedagang kembali mengungkit permasalahan ini. Sebelumnya, ia bertemu dengan seorang warga Korea yang mau membeli tanah tersebut seharga Rp26 miliar.

Sehingga tersangka LJ menganggap korban masih memiliki kekurangan Rp16 miliar. Kemudian LJ meminta kekurangan uang tersebut, tetapi korban tidak mau. Sehingga LJ merasa kecewa. Puncaknya, LJ melakukan penembakan pada Rabu (2/12/2020) sekitar pukul 12.20 WIB. Mobil Toyota Alphard Nopol AD 8945 JP yang tengah ditumpangi I ditembaki dengan senjata api hingga 8 kali. Delapan kali tembakan mengenai bodi mobil.

Baca Juga : Penembakan Mobil Bos Perusahaan Tekstil, Pelaku Sempat Memaksa Korban Agar Turun

Satu amunisi atau proyeksi bahkan tembus mengenai jok depan bagian belakang. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa ini. Saat kejadian, istri pelaku juga ada di dalam mobil yang ditembaki. Sekitar 2 jam setelah kejadian, pelaku berhasil dibekuk tanpa perlawanan di ruang tunggu VIP salah satu PO bus di Palur, Kabupaten Karanganyar. Saat itu, tersangka sudah mengantongi tiket bus menuju luar kota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini