Share

Gunung Ile Lewotolok Kembali Erupsi Pagi Ini, Tinggi Kolom Abu 500 Meter

Minggu 13 Desember 2020 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 340 2326766 gunung-ile-lewotolok-kembali-erupsi-pagi-ini-tinggi-kolom-abu-500-meter-rzErC9XBEo.png Foto dok Okezone

LEMBATA - Gunung Api Ile Lewotolok kembali erupsi pada 13 Desember 2020 pukul 07:55 WITA. Laporan KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Ile Lewotolok menyatakan, erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 1.923 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 25 detik.

(Baca juga: Menderita Sesak Napas, Pengungsi Erupsi Ile Lewotolok Meninggal Dunia)

Letusan disertai suara dentuman sedang hingga kuat didengar warga di sekitar gunung. Saat ini, Gunung Ile Lewotolok berada pada Status Level III (Siaga).

Diimbau agar masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok dan pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya di dalam area kawah Gunung Ile Lewotolok dan di seluruh area dalam radius 4 km dari puncak/pusat aktivitas Gunung Ile Lewotolok.

Aktifitas gunung ini terus meningkat dan hingah pagi ini masih menyemburkan abu vulkanik dan asap.

(don)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini