Ma'ruf Amin: Perubahan Perilaku Berkelanjutan Bisa Akhiri Pandemi Covid-19

Agustina Wulandari , Okezone · Selasa 15 Desember 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 1 2327863 ma-ruf-amin-perubahan-perilaku-berkelanjutan-bisa-akhiri-pandemi-covid-19-0JSmPXpm2R.jpg Foto : Dok.BNPB

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan untuk mengakhiri pandemi virus Corona (Covid-19) harus melakukan perubahan perilaku.

Adapun perubahan tersebut, yakni disiplin protokol kesehatan 3M (mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) secara berkelanjutan di masyarakat harus diwujudkan.

“Pemerintah menyadari agar akhir dari pandemi Covid-19 ini dapat segera terwujud, dibutuhkan upaya perubahan perilaku masyarakat secara berkelanjutan. Saya setuju jika program ini dilanjutkan,” tutur Ma’ruf dalam sambutannya pada acara Pembekalan Peserta Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku yang digelar secara virtual.

Ma’ruf juga mengatakan, perilaku hidup bersih dan sehat ini tidak hanya diterapkan untuk sementara waktu sampai pemberian vaksinasi. “Namun, diharapkan dapat menjadi budaya dan gaya hidup baru masyarakat Indonesia, seterusnya,” lanjutnya.

Oleh karena itu, kata Ma’ruf, untuk mewujudkannya perlu peran penting dari insan pers. “Terutama untuk mencerdaskan masyarakat, melalui pemberitaan yang edukatif, informatif, akurat, dan komprehensif dalam menggambarkan fenomena Covid-19 dan berbagai dampaknya. Dengan demikian, masyarakat dapat semakin memahami cara-cara melindungi diri, keluarga, dan lingkungan sekitar secara tepat,” katanya.

Di samping pemberitaan mengenai perubahan perilaku, Ma’ruf mengatakan insan pers juga merupakan garda terdepan dalam menginformasikan program vaksinasi kepada masyarakat secara luas.

“Dalam menyuguhkan informasi mengenai vaksin Covid-19, insan pers perlu menyertakan data dukung dan penjelasan ilmiah dari para pakar, sehingga mampu menumbuhkan kesadaran dan keyakinan masyarakat akan manfaat vaksin,” katanya.

Bahkan secara khusus, Ma’ruf juga meminta dukungan pers untuk kelancaran vaksinasi. “Secara khusus, saya juga ingin meminta dukungan para insan pers untuk turut mendukung kelancaran diseminasi informasi vaksin yang telah kita nantikan bersama, dengan terus menyemarakkan semangat #VaksinasiUntukNegeri, #VaksinasiUntukNegeri, melalui pemberitaan-pemberitaan yang sesuai,” ungkapnya. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini