Cuaca Ekstrim, Dua Kapal Tabrak di Laut Timur Sumatera

Jumalis Ali, iNews · Rabu 16 Desember 2020 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 340 2328555 cuaca-ekstrim-dua-kapal-tabrak-di-laut-timur-sumatera-V2nnHjYNz3.jpg Upaya penyelamatan ABK dari dua kapal yang bertabrakan. Foto: tangkapan layar

TANJUNG JABUNG BARAT - Akibat cuaca ekstrim dua kapal bertabrakan di laut timur Sumatera. Peristiwa kecelakaan ini melibatkan kapal tongkang ASH 03 dengan tag boat dengan kode lambung power 05. Peritiwa tabrakan tersebut terjadi pada dini hari tadi di ambang laut timur Sumatera, wilayah perairan Pengabuan, Tanjung Jabung Barat, Jambi.

(Baca juga: Viral Foto Ustadz Abdul Somad Ditangkap Polisi)

Petugas gabungan dari Basarnas dan Kepolisian Air Polres Tanjung Jabung Barat yang mendapat laporan, langsung melakukan upaya penyelamatan terhadap semua ABK dan nahkoda dari kedua kapal tersebut.

Dari informasi ABK dan nahkoda yang selamat, ada dua kru kapal tongkang yang dinyatakan hilang, ketika keduanya terjatuh ke dalam laut. Terbatasnya jarak pandang karena cuaca dini hari yang gelap membuat pencarian kemudian dilanjutkan pagi tadi dengan menyusuri areal pesisir laut timur Sumatera tersebut.

Setelah dilakukan penyisiran cukup lama, dua ABK kapal tongkang, ASH 03, akhirnya berhasil ditemukan terobang-ambing di laut, dalam kondisi selamat. Menurut keterangan Syahrizal, salah satu korban selamat, dirinya sempat melompat ke laut saat kapal tersebut bertabrakan.

(Baca juga: Bicara Keadilan, Mahfud MD "Diserbu" Netizen soal Habib Rizieq dan Laskar FPI)

“Saya berenang menyelamatkan diri ke tepi dan akhirnya diselmatknya tim gabungan Basarnas dan pihak Kepolisian Polres Tanjungn Jabung Barat,” katanya, Rabu (16/12/2020).

Saat ini upaya menarik kedua kapal yang mengalami kerusakan cukup parah akibat tabrak ini, belum bisa dilakukan. Gelombang laut timur Sumatera yang mencapai dua meter, membuat petugas kesulitan untuk menarik kedua kapal, ke dermaga terdekat, guna dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

(don)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini