Kasus Covid-19 untuk Pertama Kalinya Dilaporkan di Antartika

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 22 Desember 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 18 2332182 kasus-covid-19-untuk-pertama-kalinya-dilaporkan-di-antartika-7OTI7uW3B6.jpg Foto: Reuters.

ANTARTIKA tidak lagi menjadi satu-satunya benua yang bebas dari virus corona, setelah 36 warga Chile dilaporkan positif Covid-19 di sana.

Media berbahasa Spanyol telah melaporkan hingga 36 orang yang terhubung dengan pangkalan Angkatan Darat Chile General Bernardo O’Higgins Riquelme dinyatakan positif terkena virus pada Senin (21/12/2020).

BACA JUGA: Lubang Ozon Antartika Tahun Ini Jadi yang Terbesar dan Terdalam

Pangkalan yang dikenal sebagai O’Higgins itu, adalah salah satu dari 13 pangkalan Chile yang aktif di Antartika. Pangkalan itu terletak di ujung paling utara Antartika di Antartika Barat, dan dikatakan “sangat suit dijangkau”.

"Berkat tindakan pencegahan yang tepat waktu... dimungkinkan untuk meringankan personel tersebut, yang, setelah menjalani kontrol medis dan administrasi tes PCR... ternyata positif Covid-19," demikian disampaikan angkatan darat Chile dalam sebuah pernyataan yang dilansir Newsweek.

Dilaporkan bahwa tiga anggota awak di sebuah kapal yang memberikan dukungan ke pangkalan tersebut juga dinyatakan positif sejak kembali dari misi mereka ke Antartika.

Ke 36 orang yang dites positif Covid-19 telah dievakuasi ke Punta Arenas di Chile, di mana mereka dilaporkan menjalani isolasi dan dalam kondisi baik.

BACA JUGA: Bongkahan Es Sebesar Negara Luksemburg Dekati Perairan Dangkal, Bisa Sebabkan Bencana

Upaya untuk mencegah virus corona dari Antartika harus dibayar mahal dengan dihentikannya semua penelitian besar di benua itu. Akibatnya, penelitian para ilmuwan di seluruh dunia juga terhenti.

Meski tidak memiliki penduduk tetap, 1.000 peneliti dan pengunjung lainnya tinggal di Antartika selama musim dingin.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini