Share

Kabar Baik, Vaksin Covid-19 Sinovac Buatan China Terbukti Efektif di Brasil

Djairan, iNews · Rabu 23 Desember 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 18 2332759 kabar-baik-vaksin-covid-19-sinovac-buatan-china-terbukti-efektif-di-brasil-tHvbdJyZt9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAO PAULO - Vaksin Covid-19 buatan perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac Biotech Ltd, dinyatakan terbukti efektif dalam proses uji coba tahap akhir di Brasil.

Melansir Wall Street Journal, Rabu (23/12/2020), vaksin yang diberi nama CoronaVac itu telah melewati ambang batas kemanjuran 50 persen dalam uji coba tahap ke-3 di Negeri Samba itu. Artinya, regulator dapat mempertimbangkan lampu hijau agar vaksin CoronaVac dapat digunakan.

BACA JUGA: Sukarelawan Meninggal, Uji Coba Vaksin Sinovac di Brasil Dihentikan

Butantan Institute, pusat penelitian biologis yang didukung pemerintah negara bagian Sao Paulo Brasil menjadi penyelenggara uji coba tahap akhir vaksin CoronaVac. Pihak Butantan siap mengumumkan hasil kemanjuran vaksin pada Rabu.

Seperti diketahui, Brasil menjadi negara pertama yang menyelesaikan uji coba tahap akhir vaksin CoronaVac, yang juga juga sedang diuji di Indonesia dan Turki. Tingkat efektif vaksin di atas ambang batas 50 persen dianggap layak oleh para ilmuwan internasional.

Tetapi, sebagian ilmuwan yang melacak perkembangan vaksin Covid-19 berharap agar tingkat kemanjuran CoronaVac dapat sebanding dengan vaksin lainnya, yang telah terbukti 95 persen efektif. Seperti vaksin buatan Pfizer dan BioNTech serta Moderna.

BACA JUGA: Menolak Diimunisasi, Presiden Brasil Sebut Vaksin Covid-19 Bisa Sebabkan Wanita Berjanggut

“Hasil dari uji coba vaksin Covid-19 ini sangat bagus, namun semua orang mengharapkan tingkat kemanjurannya bisa di atas 90 persen," ujar Domingos Alves, seorang profesor di Sekolah Kedokteran Ribeirao Preto di Sao Paulo.

Sementara itu, baru-baru ini Menteri Kesehatan Brasil, Eduardo Pazuello mengatakan dua vaksin Covid-19 dari AstraZenenca dan Sinovac mulai siap digunakan di Brasil pada pertengahan Februari 2021. Namun, jadwal peluncuran nasional tetap tergantung pada persetujuan regulator.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini