Share

Soal Drone Bawah Laut, Kemlu Harusnya Lebih Tegas!

R Ratna Purnama, Koran SI · Sabtu 02 Januari 2021 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 18 2337810 soal-drone-bawah-laut-kemlu-harusnya-lebih-tegas-vfOvglhezr.jpg Hikmahanto Juwana (Foto : Okezone.com)

DEPOK - Masuknya drone asing ke bawah laut Indonesia harus ditindak tegas oleh pemerintah. Drone tersebut ditemukan oleh seorang nelayan di dekat Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan. Saat ini TNI AL tengah mengamankannya.

“Bila sudah diketahui asal usul negara yang memiliki drone tersebut, Kemlu harus melakukan protes diplomatik yang keras terhadap negara tersebut dan bila perlu tindakan tegas lainnya,” kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana, Sabtu (2/1/2021).

Protes keras dan tindakan tegas ini dilakukan terlepas apakah negara tersebut adalah negara sahabat, bahkan adanya ketergantungan Indonesia secara ekonomi. Dia menegaskan jangan sampai terulang kembali insiden atas agen intelijen Jerman.

”Kemlu hanya puas dengan klarifikasi Kedubes Jerman dan agen tersebut dipulangkan oleh Kedubes tanpa ada protes diplomatik. Seharusnya, Kemlu melakukan tindakan yang lebih tegas lainnya bila kegiatan mata-mata terkuak,” tegasnya.

Baca Juga : Drone Asing Bawah Laut Masuk RI, DPR Minta TNI-Bakamla Patroli Ketat

Ia menambahkan Indonesia harus mempertahankan kedaulan NKRI. Jangan sampai Indonesia dianggap lemah dan mudah diajak berkompromi.

“Ini semua dilakukan agar diplomasi untuk mempertahankan kedaulatan NKRI benar-benar diperankan oleh Kemlu. Jangan sampai Indonesia dianggap lemah bahkan mudah untuk diajak berkompromi saat tindakan mata-mata yang dilakukan oleh negara lain terkuak,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini